Kebun Binatang Surabaya Sukses Tetaskan 74 Ekor Anak Komodo dalam 1 Siklus

TrubusNews
Syahroni
05 Mar 2019   21:15 WIB

Komentar
Kebun Binatang Surabaya Sukses Tetaskan 74 Ekor Anak Komodo dalam 1 Siklus

Anak komodo sebanyak 74 ekor berhasil ditetaskan di Kebun Binatang Surabaya. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sebagai lokasi konservasi, KBS telah berhasil menetaskan telur komodo di luar habitat aslinya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Sebanyak 74 ekor anak komodo dilaporkan menetas sejak Januari hingga Februari 2019 lalu di Kebun Binatang tersebut. Telur-telur itu merupakan hasil produksi dari 7 induk komodo yang sudah cukup lama berada di tempat itu. 

Baca Lainnya : Gubernur NTT Siapkan Anggaran Rp100 M untuk Kembang Biak Komodo

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS), Choirul Anwar menjelaskan, dari 114 telur yang dihasilkan ke tujuh induk tersebut, 74 anak komodo berhasil menetas dan hidup hingga saat ini. Kondisi anak-anak komodo tersebut saat ini tengah dalam pengawasan petugas KBS.

"Sekarang dalam penanganan para dokter dan para medis keeper yang sudah menyiapkan segala bentuk infrastruktur supporting baik itu untuk keamanan, kenyamanan, juga persediaan pakan," kata Anwar di ruang perawatan bayi satwa KBS, Selasa (5/3).

Anwar menambahkan, penetasan telur 74 anak komodo dalam satu siklus di KBS merupakan sebuah rekor baru. Sebelumnya tidak ada lembaga konservasi (LK) di Indonesia yang mampu menetaskan dalam jumlah sebanyak itu dalam satu siklus.

Baca Lainnya : Peneliti Akan Lakukan Rekayasa Genetik Komodo Selama TNK Ditutup

"Saya kira itu ya. Saya sudah mulai mengidentifikasi mulai semua LK tidak ada yang mencapai 74 ekor dalam satu siklus. Biasanya rata-rata yang paling banyak itu 15 sampai 25 ekor saja," imbuh Anwar.

Menurut Anwar, penetasan anak-anak komodo tidak membuat pihaknya khawatir akan over populasi. Justru, hal itu harus disambut baik. Karena konservasi yang dijalankan pihaknya telah berjalan dengan baik. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: