BMKG Deteksi Dua Titik Panas di Aceh Indikasi Karhutla

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Mar 2019   12:49 WIB

Komentar
BMKG Deteksi Dua Titik Panas di Aceh Indikasi Karhutla

Titik api di Aceh yang terdeteksi satelit (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad menyebutkan dua titik panas (hot spot) terpantau di kota Serambi Mekah, Aceh, Selasa (5/3).

Zakaria mengungkapkan, ke dua titik panas ini mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (kathutla) di Aceh. Meski begitu, pihaknya menjelaskan terjadi penurunan jumlah titik panas secara signifikan di Provinsi Aceh.

“Hari ini terdeteksi satelit hanya ada dua titik panas di Aceh. Jumlah ini turun dibanding, Senin (4/3) sebanyak lima titik panas di Aceh,” terangnya di Aceh Besar, Selasa (5/3).

Dilaporkan Zakaria, masing-masing titik panas tersebar di dua kabupaten di wilayah Barat dan Selatan Aceh.

Satu titik panas di Aceh Selatan berada di Kecamatan Kluet Selatan memiliki tingkat kepercayaan karhutla sekitar 65 persen, sementara Nagan Raya di Kecamatan Beutong memiliki tingkat kepercayaan 54 persen.

“Kita terus lakukan pemantauan, sampai siang ini ke dua titik panas belum menjadi api, tapi kita mewaspadai karena saat ini cuaca di Aceh cukup panas sekitar 40 derajat Celsius, jadi sangat rawan terjadi kebakaran lahan,” tambahnya.

Sebelumnya, pelaksana tugas Gubenur Aceh, Nova Iriansyah bulan lalu telah mengimbau bagi kepala daerah di provinsi tersebut, supaya melakukan upaya pencegahan dini terhadap bahaya karhutla di daerah masing-masing pada 2019.

"Surat Gubernur Aceh terkait Karhutla itu dengan nomor 360/373 tanggal 11 Januari 2019, ditujukan kepada Bupati/Wali Kota se-Aceh," sebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: