Merapi Alami 7 Kali Guguran Awan Panas, Hujan Abu Tak Ganggu Aktivitas Warga

TrubusNews
Syahroni
02 Mar 2019   12:00 WIB

Komentar
Merapi Alami 7 Kali Guguran Awan Panas, Hujan Abu Tak Ganggu Aktivitas Warga

Ilustrasi guguran lava Gunung Merapi. (Foto : DOC/ PVMBG)

Trubus.id -- Gunung Merapi di Jawa Tengah terus menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Sabtu (2/3) pagi saja, terdata 7 kali guguran awan panas terjadi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, guguran awan panas terjadi dalam dua tahap. Pada tahap pertama terjadi 5 guguran awan panas.

"Telah terjadi 5 kali awan panas guguran di G. #Merapi pada pukul 04:51, 04:54, 05:03, 5:07, dan 5:10 WIB dengan jarak luncur maksimum 2 km," tulis akun Twitter resmi BPPTKG, Sabtu (2/3).

Baca Lainnya : Pagi Ini, Gunung Merapi Kembali Alami 8 Kali Gempa dan Guguran Awan Panas

Sementara itu, guguran tahap kedua terjadi berselang 20 menit kemudian. Jarak luncur guguran mencapai 800 meter. "Awan panas guguran terjadi kembali di G. #Merapi pada pukul 05:33 dan 05:40 WIB dengan jarak luncur 800 dan 900 m," tulis BPPTKG lagi.

Jarak luncuran sendiri teramati maksimum 2 kilometer ke arah Kali Gendol. Dilaporkan juga, hujan abu vulkanik sempat mengguyur sejumlah wilayah di lereng Merapi di Kabupaten Sleman. Namun demikian aktivitas warga masih normal.

"Di Dusun Kalitengah hujan abu tipis, tapi landai, aktivitas masyarakat seperti biasa, landai. Warga tidak ada yang mengungsi," kata Kasi Pemerintahan Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Heri Prasetyo, saat dihubungi wartawan, Sabtu (2/3).

Baca Lainnya : Suplai Magma Gunung Merapi ke Permukaan Terus Meningkat

Hujan abu mengguyur sebagian wilayah Desa Glagaharjo sesaat setelah Merapi gugurkan awan panas yang mengarah ke hulu Kali Gendol. Dusun Kalitengah merupakan wilayah permukiman penduduk yang berada paling utara atau tertinggi di Kabupaten Sleman. Berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Merapi. 

"Sekarang hujan abu sudah reda, ini tinggal gerimis hujan," jelasnya. 

Status Gunung Merapi masih Waspada (Level II), radius bahaya 3 kilometer dari puncak. [RN]
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: