Pemprov NTB Kerja Sama Pengolahan Sampah Gunakan Teknologi 'Black Soldier Fly'

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Mar 2019   21:00 WIB

Komentar
Pemprov NTB Kerja Sama Pengolahan Sampah Gunakan Teknologi 'Black Soldier Fly'

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gerakan bebas sampah menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB). Kondisi ini mengingat pemerintah pusat saat ini menargetkan Indonesia bebas sampah pada tahun 2020 mendatang.

Dalam pelaksanannya, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengungkapkan, gerakan bebas sampah akan terus didorong di NTB. Hal ini karena NTB menjadi salah satu destinasi wisata populer yang ada di Indonesia.

Baca Lainnya : Pemerintah DIY Akan Pakai Teknologi RDF untuk Ubah Sampah jadi Briket

“Gerakan bebas sampah ini harus jadi keharusan karena kita berada di daerah destinasi wisata, jadi kita harus menciptakan kebersihan dan kenyamanan,” kata Zul di Lombok Barat, NTB, Jumat (1/3).

Untuk mendukung gerakan ini, Pemprov NTB bersinergi dengan Forest for Life Indonesia membentuk sebuah kerja sama pengolahan sampah menggunakan teknologi Black Souldier Fly atau tentara lalat hitam dan akan dipusatkan di Dusun Bebae, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Baca Lainnya : Studi Terbaru Ungkap Cara Praktis Daur Ulang Sampah Plastik Kemasan

Zul pun menyambut baik kehadiran teknologi pengolahan sampah ini dan menginginkan agar proyek tersebut kedepan dapat dikembangkan di seluruh kabupaten/kota di NTB.

Dirinya berharap program ini mampu mengelola sampah organik menjadi lebih bermanfaat terutama bagi kesejahteraan masyarakat.

"Masyarakat harus dididik, kita ingin harus ada bank sampah di tiap desa," pungkas Zul. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: