BPS: Jelang Puncak Panen Raya Harga Beras Diprediksi Turun

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Mar 2019   20:30 WIB

Komentar
BPS: Jelang Puncak Panen Raya Harga Beras Diprediksi Turun

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, saat ini harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani turun sekitar 4,46 persen. Sementara beras kualitas medium di tingkat penggilingan juga alami penurunan sebesar 1,04 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti, Jumat (1/3).

Berdasarkan data BPS, sepanjang Februari 2019, Yunita menyebut rata-rata harga GKP di tingkat petani sekitar Rp5.114 per kilogram (kg), sementara untuk beras harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp10.008 per kg.

Baca Lainnya : Jokowi Pamer Produksi Beras Tahun 2018 yang Capai 33 Juta Ton

Jadi diakuinya penurunan harga gabah kering terjadi karena memasuki puncak musim panen pada bulan ini.

“Januari itu kan belum panen, Februari mulai panen, dan puncak masa panen itu Maret sampat April, transisinya terus seperti itu,” terang Yunita lagi.

Baca Lainnya : Minggu ke-4 Februari, Beras Hingga Cabai di Jakarta Turun Harga

Sementara itu, pihaknya melaporkan, penurunan harga gabah dan beras turun andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

“Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen),” pungkas Yunita. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: