BMKG Segera Pasang 100 Unit Seismograf Broadband Tambahan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
01 Mar 2019   11:31

Komentar
BMKG Segera Pasang 100 Unit Seismograf Broadband Tambahan

Gempa Bumi, ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan akan menambah 100 unit sensor gempa untuk tipe seismograf broadband. Hal tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam memantau gempa bumi. 

"Sudah ada 200 seismograf yang kini sudah dipakai untuk memantau gempa. Tambah lagi 100," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (28/2).

Daryono menjelaskan, 100 seismograf tambahan tersebut dipasang untuk mengamati sesar aktif atau patahan di Aceh, Lampung, sesar Cimandiri, Lembang, Opak, Kenceng, Walanai, Palu, Matano dan Gorontalo. Saat ini, masih banyak bertebaran sesar yang belum teramati. 

" Indonesia memiliki 295 sesar aktif. Masih banyak sesar yang belum bisa diketahui karena membutuhkan dana besar,"tambahnya.

Menurut Daryono, pada bulan Februari 2019, terjadi tiga kali gempa merusak. Yang pertama terjadi pada 2 Februari 2019 di Keluauan Mentawai, Sumatera Barat dengan magnitudo M6,1. Gempa tersebut membuat  mercuasuar s roboh, beberapa rumah rusak dan Puskesmas Sikakap alami kerusakan ringan. 

Selanjutnya, ditambahkan Daryono, gempa kedua terjadi pada tangal 7 Februari 2019 di Morotai, Maluku Utara dengan Magnitudo5,3. Selanjutnya, gempa bermagnitudo  kembali terjadi pada 28 Februari 2019 di Solok Selatan, Sumater Barat. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: