BMKG Beberkan Penyebab Rentetan Gempa Solok Selatan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
01 Mar 2019   11:00

Komentar
BMKG Beberkan Penyebab Rentetan Gempa Solok Selatan

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono (Foto : Astri Sofyanti/Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membeberkan, rentetan gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Kamis 28 Februari 2019 dipicu oleh sesar aktif yang belum terpetakan.

Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa Solok Selatan merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

Berdasarkan catatan BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 1,4 Lintang Selatan (LS) dan 101,53 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer. 

“Pemicu gempa diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatra tepatnya dari Segmen Suliti,” ujarnya di Jakarta, Jumat (1/3).

Selain itu, Daryono menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip). 

“Jadi jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah baratl aut-tenggara,” lanjutnya.

Sementara itu, jika mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan tersebut berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault)

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang luka-luka akibat tertimpa bangunan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: