Petani Merugi, Kawanan Monyet Rusak Perkebunan dan Pemukiman di Tapsel

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
28 Feb 2019   15:00

Komentar
Petani Merugi, Kawanan Monyet Rusak Perkebunan dan Pemukiman di Tapsel

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Para petani di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tengah resah. Serangan monyet di perkebunan mereka yang menjadi penyebabnya. Tak hanya merusak hasil perkebunan, kawanan monyet ini bahkan sudah menginvasi permukiman mereka.

Pengurus Forum Petani Sipirok, Herman Harahap mengatakan, perkembangan monyet liar di wilayah itu semakin pesat. Jumlahnya kini bahkan sudah mencapai ratusan ekor. Dampaknya, saat kekurangan makanan, mereka menginvasi perkebunan dan permukiman warga. 

"Perkembangan hewan itu cukup tinggi. Dua tahun terakhir ini sudah semain ramai terutama di daerah pertanian warga di Lembah Tor (gunung) Sibohi dan tor Sibual-buali," katanya dilansir dari Antara, Kamis (28/2).

Baca Lainnya : Populasi Berlebihan, Monyet Ekor Panjang Ancam Pemukiman Warga

Ia menambahkan, akibat serangan monyet liar ini banyak petani yang merugi. Pasalnya, tanaman para petani, seperti buah-buahan, ubi, cabai, coklat, bahkan padi dan kopi apalagi pisang di atas lahan di lembah kedua gunung itu sudah dirusak kawanan monyet tersebut.

"Warga petani Desa Sumuran, Desa Parsorminan, Desa Paran Dolok, Desa Huta Baru, Desa Padang Bujur, Desa Mandura dan lainnya sudah hampir putus asa untuk bercocok tanam di lembah tersebut, karena trauma hama monyet," katanya.

Sebenarnya, kata dia, masyarakat ingin menghabisi hama monyet tetapi tidak tahu caranya.

Baca Lainnya : Monyet Merapi Turun Gunung, Warga Jangan Mau Diajak Bertarung

"Meski sudah diracun tidak berdampak. Diusir malah melawan, pakai senapan takut kena sanksi, monyet memang licik," katanya.

Sekarang, kata dia, kaum ibu banyak yang takut pergi berkebun atau berladang ke lembah apalagi sendirian. Mereka khawatir serangan monyet yang secara tiba-tiba apalagi sebagian monyet badannya besar dan memiliki gigi yang tajam.

Untuk itu petani di Sipirok mengharapkan instansi terkait dapat memberikan perhatian atas permasalahan tersebut dan dapat turun tangan guna meminimalisir hama monyet tersebut. [RN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 28 Feb 2019 - 19:04

join dengan kami situs terpercaya dan teraman Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah cs onlin

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: