Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga di Jambi, Puluhan Ternak Hanyut

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Feb 2019   13:00 WIB

Komentar
Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga di Jambi,  Puluhan Ternak Hanyut

Banjir yang merendam rumah, iustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Akibat tingginya curah hujan di wilayah Jambi, ratusan rumah warga di Desa Muara Belengo, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, terendam banjir sejak Rabu (27/2). Banjir terjadi akibat luapan Sungai Batang Merangin. Hingga Kamis (28/2), genangan air tak kunjung surut.

Selain itu, para warga mengharapkan bantuan pemerintah segera datang. Dilaporkan ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter. Meski banjir, sebagian warga yang memilih bertahan di rumah melakukan aktivitas dengan menggunakan perahu tradisional.

“Sampai hari ke dua bantuan pemerintah tak kunjung datang, pejabat yang datang saja tidak ada,” terang Abdullah seorang warga yang terdampak banjir di Jambi, Kamis (28/2).

Baca Lainnya: Diterjang Banjir Bandang, 26 Jembatan di Lampung Barat Rusak Berat

Bukan hanya merendam rumah, banjir juga mengakibatkan puluhan ternak milik warga hanyut tersapu banjir.

“Sejumlah warga kehilangan hewan ternak seperti kambing dan ayam karena hanyut terbawa arus,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kades Muara Belengo, Anwar juga menuturkan, sejak banjir melanda Rabu (27/2) kemarin, bantuan pemerintah belum ada yang datang membantu.

“Kami khawatir air masih akan terus naik. Tapi kita sudah menyiapkan lokasi untuk evakuasi warga yang terdampak,” kata Anwar.

Baca Lainnya: Bencana Banjir Landa Jayapura, 1.300 KK Warga Jadi Korban

Sejumlah petugas Koramil Bangko sejak dini hari tadi sudah berada di lokasi untuk bersiaga dan membantu evakuasi warga. Sementara itu, Danramil 0420-09, Mayor Inf Usman membenarkan anggotanya diwajibkan memonitor wilayah yang berdampak banjir.

"Dari kemarin anggota kita terus memonitor daerah yang rawan banjir. Sebisa mungkin kita akan bantu warga yang terkena musibah. Mudah-mudahan pemerintah daerah juga bisa cepat memberi bantuan bagi warga korban banjir,” tutur Usman. [RN/KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: