Miris, Kawasan Konservasi Mangrove di Bekasi Jadi Tempat Pembuangan Sampah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Feb 2019   16:00

Komentar
Miris, Kawasan Konservasi Mangrove di Bekasi Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Tumpukan sampah memenuhi kawasan Konservasi Mangrove di Kabupaten Bekasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Magrove (KPRPM) yang berada di dekat proyek PLTU Muara Tawar di Desa Segarajaya, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kini kondisinya memprihatinkan. Kawasan yang seharusnya jadi destinasi wisata edukasi masyarakat itu justru kini menjadi tempat pembuangan sampah liar.

Tumpukan sampah di kawasan konservasi mangrove ini menimbulkan bau menyengat. Kondisi ini diketahui sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. Sampah-sampah tersebut selain terbawa oleh aliran sungai, diduga sengaja dibuang masyarakat sekitar yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, terlebih di kawasan konservasi.

Baca Lainnya : KLHK: 1,81 Juta Hektare Hutan Mangrove Indonesia Rusak

Tori, salah seorang warga yang tinggal di dekat kawasan konservasi mangrove mengungkapkan, sebelumnya kawasan konservasi tersebut bersih dan bebas sampah. Namun 4 bulan belakangan, sampah mulai tertambat di sana dan kini sudah mengeluarkan bau busuk.

“Empat bulan terakhir sampah mulai menumpuk, juga menimbulkan bau menyengat,” ujar Tori di Kampung Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

Menurutnya, masih banyak warga yang tidak memiliki kesadaran bahwa kawasan konservasi seharusnya dijaga dan dikelola dengan baik, sebagai salah satu objek wisata di pinggiran ibukota.

Baca Lainnya : Hutan Mangrove Bangkalan Dijadikan Kampung Iklim untuk Cegah Pemanasan Global

Ia menambahkan, masalah sampah yang menumpuk di kawasan konservasi mangrove ini juga terjadi karena keterbatasan tempat pembuangan sampah bagi warga sekitar. Pada akhirnya, warga memanfaatkan lahan kosong kawasan konservasi ini untuk membuang sampah mereka.

Untuk itu, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bisa segera turun tangan untuk menuntaskan masalah tumpukan sampah tersebut agar kondisinya tidak semakin bertambah dan mencemari lingkungan. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: