Kepergok Curi Durian, Orangutan Mengamuk dan Gigit Wajah Penjaga Kebun

TrubusNews
Syahroni
26 Feb 2019   21:45 WIB

Komentar
Kepergok Curi Durian, Orangutan Mengamuk dan Gigit Wajah Penjaga Kebun

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Petaka menimpa Jasmani. Perempuan berusia 23 tahun itu nyaris kehilangan separuh wajahnya karena diserang orangutan di kebun durian yang ia jaga. Peristiwa yang menimpa warga Kampung Lelis, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur ini sendiri bermula ketika ia tengah menjaga kebun durian tak jauh dari rumahnya, Minggu (24/2) lalu.

Saat berkeliling mencari durian jatuh, ia melihat seekor orangutan tengah asyik memakan buah durian di atas pohon. Bahkan satwa bernama latin Pongo abelii itu sempat menjatuhkan beberapa durian yang masih mengkal ke atas tanah.

Geram pohon duriannya dirusak, Jasmani melampari orangutan itu dengan batu. Namun anehnya, bukannya pergi, orangutan tersebut justru langsung turun dan mengejar Jasmani.

Baca Lainnya : Keberlangsungan Hidup Orangutan di 2019 Masih Terancam

Khawatir diserang, Jasmani melarikan diri. Apalagi tak ada orang lain di kebun itu. Namun orangutan tersebut tak henti mengejarnya hingga akhirnya ia berhasil meraih Jasmani. Orangutan lalu menggigit hidung dan mulut Jasmani hingga terluka parah.

"Korban kemudian berteriak minta tolong bantuan sehingga diselamatkan warga. Sedangkan orang utan yang menggigit korban lari ke hutan lagi," tutur Kapolsek Serbajadi, AKP Ahmad Yani saat dikonfirmasi wartawan.

Usai peristiwa itu, pihak keluarga membawa Jasmani ke Rumah Sakit Zubir Mahmud di Idi. Saat ini, korban masih mendapat perawatan.

Baca Lainnya : Ini Alasan 5 Warga Tembaki Orangutan di Kutai Timur Hingga Tewas

Menanggapi adanya peristiwa ini, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengaku, saat ini pihaknya telah menerjunkan tim ke lapangan untuk mencari penyebab kejadian itu. Tim dari Resort Langsa juga tengah menunggu dokter dan kandang untuk selanjutnya melakukan penanganan terhadap orangutan tersebut.

"Kasus ini juga sempat terjadi di Aceh. Ini kasus kedua yang terjadi. Tahun sebelumnya, ada juga warga yang sedang mencari jernang diserang oleh hewan primata ini. Selain itu ada juga sempat menyerang wisatawan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sekitar 3 tahun lalu," sebut Sapto. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: