Anies Resmikan Gerai Pangan Murah untuk Buruh yang Pertama di Jakarta

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Feb 2019   14:30 WIB

Komentar
Anies Resmikan Gerai Pangan Murah untuk Buruh yang Pertama di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan gerai pangan murah di Cakung Barat, Jakarta Timur, Selasa (26/2). (Foto : Berita Satu)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan gerai pangan murah di seketariat federasi SPSI L.E.M (Logam Elektronik dan Mesin) di jalan P. Komarudin RT 02 RW 03, Cakung Barat, Jakarta Timur, Selasa (26/2).

Dalam peresmian yang dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta itu, Anies Baswedan mengakui, gerai pangan murah ini akan menyediakan kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat, khususnya para buruh.

Gerai pangan murah atas kerjasama Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya dengan SPSI ini sendiri dibuka sebagai salah satu upaya untuk menghadirkan keadilan sosial bagi warga.

Baca Lainnya : Pasokan Beras di Jakarta Aman, Ini Kata Anies Baswedan

Tak hanya meresmikan gerai pangan murah, dalam kesempatan itu Anies juga membagikan Kartu Pekerja bagi para buruh yang hadir di lokasi tersebut. Anies mengungkapkan, gerai pangan murah dan kartu pekerja ini merupakan salah satu bentuk kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam membuka peluang bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memperkecil ketimpangan di ibukota. 

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di DKI Jakarta ini mengaku, gerai pangan murah ini baru pertama kalinya terlaksana di ibukota.

"Jadi kebijakan yang kita lakukan di Jakarta selain berbicara tentang upah minimal, kita berbicara mengurangi biaya hidup khususnya bagi para pekerja dan masyarakat yang secara sosial ekonominya rendah. Caranya menguranginya dengan memberikan pangan bersubsidi sehingga harganya terjangkau," kata Anies di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (26/2).

Selain itu, Anies juga berjanji, ke depannya akan lebih banyak lagi membuka gerai pangan murah bagi buruh. Sementara itu, untuk harganya sendiri, gerai pangan murah ini menjual harga telur ayam, dengan harga Rp10.000 per 15 butir telur.

Harga yang dipatok jauh lebih murah dari harga telur di pasaran yang mencapai Rp20.000 ke atas untuk membeli 15 butir telur. Daging sapi yang dijual di gerai murah dijual sekitar Rp35.000 per kilogram (kg). Padahal harga daging ayam di pasaran rata-rata sekitar Rp120.000 per kg.

Baca Lainnya : Minggu ke-4 Februari, Beras Hingga Cabai di Jakarta Turun Harga

Selanjutnya, beras kualitas premium ukuran lima kilogram dijual seharga Rp30.000, di pasaran biasanya mencapai Rp60.000 per 5 kg. Ikan kembung Rp13.000 per kg dengan isi yang biasanya terdiri dari 6-7 ekor, serta susu UHT Rp30.000 per karton isi 24 pack.

"Nah selama ini kita mengelolanya sendiri dengan PD Pasar Jaya, sekarang kita kerjakan bersama-sama dengan Serikat Pekerja," lanjut Anies.

Untuk itu, pihaknya berharap para buruh bisa menambah pemasukan tabungan untuk masa depan keluarga jika pengeluaran yang dikeluarkan untuk keperluan pangan bisa berkurang.

"Harapannya mereka nanti bisa sedikit demi sedikit menabung uangnya tidak habis," pungkas Anies. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: