Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Setinggi 1.100 Meter Mengarah ke Kali Gendol

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Feb 2019   14:00 WIB

Komentar
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Setinggi 1.100 Meter Mengarah ke Kali Gendol

Guguran awan panas Gunung Merapi. (Foto : DOC/ Badan Geologi PVMBG)

Trubus.id -- Aktivitas vulkanik Gunung Merapi di Jawa Tengah terus meningkat. Menurut catatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Senin (25/2) siang Gunung Merapi kembali meluncurkan guguran awan panas setinggi 1.100 meter ke udara dengan durasi 110 detik.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG, guguran awan panas Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 11.24 WIB. Dilaporkan pula, guguran awan panas tersebut mengarah ke Kali Gendol dan tidak teramati CCTV karena cuaca berkabut. BPPTKG mengungkapkan sampai hari ini, status Gunung Merapi masih berada di level 2 (waspada).

Baca Lainnya : Suplai Magma Gunung Merapi ke Permukaan Terus Meningkat

“Telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 11.24 WIB dengan durasi 110 detik, jarak luncur 1.100 m, dan arah ke Kali Gendol. Awan panas tidak teramati dari CCTV karena cuaca berkabut,” tulis BPPTKG melalui akun Twitternya @BPPTKG, Senin (25/2).

Sementara itu, berdasarkan pengamatan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepanjang, Minggu (24/2), Gunung dengan ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, dilanda 34 kali gempa berdasarkan rekaman seismograf.

Baca Lainnya : Merapi Beraksi Lagi, Alami 6 Gempa Guguran Pagi Ini

PVMBG merinci, 19 kali gempa guguran, lima kali gempa embusan, tiga kali gempa low frequency, empat gempa fase banyak, dua gempa vulkanik dangkal dan sekali gempa tektonik jauh.

Untuk itu, PVMBG mengimbau seluruh kegiatan pendakian Gunung Merapi sementara waktu ini tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana, karena sangat berbahaya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: