Cegah Karhutla, Gubernur Kalbar Ajak Warga Tanam Sayuran di Lahan Gambut

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Feb 2019   13:29 WIB

Komentar
Cegah Karhutla, Gubernur Kalbar Ajak Warga Tanam Sayuran di Lahan Gambut

Karhutla Kalimantan Barat (Kalbar), (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat (Kalbar), Gubernur Sutarmidji mengajak masyarakat di Kalbar memanfaatkan lahan gambut yang mudah terbakar dengan menanam sayuran.

Dirinya mengungkapkan, jika lahan gambut bisa dimanfaatkan masyarakat dengan menanam berbagai jenis tanaman agro dirinya menilai karhutla bisa dikendalikan.

Diakuinya, lahan gambut akan menjadi produktif jika dimanfaatkan untuk menanam tanaman agro.

“Contohnya di Pontianak Utara, sebanyak 800 hektare lahan agro industri berhasil menghasilkan panen sayuran sebanyak 30 ton per hari,” ujarnya di Pontianak, Senin (25/2).

Dirinya mengungkapkan, tanaman argo memiliki nilai ekonomis tinggi jika ditanam memanfaatkan lahan gambut.

Komoditas bernilai ekonomis yang bisa dikembangkan di lahan gambut seperti ubi talas Pontianak hingga bawang merah.

Dirinya menjelaskan, jika menanam bawang merah di lahan gambut, dalam satu hektare bisa menghasilkan panen sebanyak 20 ton.

“Pemanfaatan lahan gambut ini bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau, selain itu, juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” ujarnya menjelaskan.

Hal ini karena, jika ada kegiatan bercocok tanam di lahan gambut, setiap harinya harus di siram, sehingga lahan gambut tak akan mudah terbakar jika cuaca terik.

“Ini bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan lahan gambut yang kerap terjadi karhutla,” paparnya.

Terlebih diakui Sutarmidji, sekitar 99 persen terjadinya karhutla diakibatkan karena lahan dibakar dan bukan terbakar, apalagi 14 kabupaten/kota di Kalbar memiliki lahan gambut yang mudah terbakar dan sulit dipadamkan.

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: