BMKG Beberkan Penyebab Hujan Es di Lombok Tengah 

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
25 Feb 2019   09:37

Komentar
BMKG Beberkan Penyebab Hujan Es di Lombok Tengah 

Hujan es di Lombok Tengah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikagetkan dengan fenomena hujan es yang melanda Desa Bilebente, Minggu (25/2) malam. Betapa tidak, fenomena langka ini baru pertama kali terjadi di Lombok Tengah.

Merespon hal tersebut, Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok Praya Levi Ratnasari mengungkapkan, hujan es yang terjadi di Dusun Tapo Barat, Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata tersebut, terjadi akibat aktivitas dari awan konvektif, atau awan cumulonimbus.

"Berdasarkan pantauan dari radar citra kami, awan cumulonimbus tumbuh karena adanya proses pemanasan kuat di daratan," ujarnya di Lombok Tengah, NTB, Senin (25/2).

Diakui Levi, hujan es bisa terjadi kapan saja. Sejumah indikasi yang menyebabkan hujan es biasanya ditandai dengan cuaca sepanjang hari panas dan gerah. Hal ini terjadi akibat radiasi matahari yang cukup kuat.

Kemudian pada pukul 10.00 pagi, awan cumulus mulai muncul. Di antara awan tersebut, ada satu jenis awan yang batas tepinya jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

Tahap selanjutnya dikatakan Levi, awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi abu-abu/hitam yang dikenal sebagai awan cumulonimbus.

Selain itu, pepohonan akan berdiri, ada dahan atau ranting yang mulai bergoyang cepat. Terasa ada sentuhan udara dingin di sekitar tempat berdiri.

Menurutnya hujan es yang baru pertama kali turun akan ditandai dengan hujan deras secara tiba-tiba.

Diakui Levi, biasanya, selama satu sampai tiga hari berturut-turut tidak ada hujan pada musim transisi, ada indikasi potensi hujan lebat yang pertama kali turun diikuti angin kencang.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, namun perlu tetap waspada dan mengatisipasi jika ada indikasi terjadinya fenomena cuaca, seperti hujan es, angin kencang, ataupun puting beliung,” pungkasnya.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 25 Feb 2019 - 13:56

permisi ya mau numpang promosi bo WwW DoT kelinci99 dOt ORG ada CS ANGELNA yang cantik BBM : 2B1E7B8

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: