BMKG Deteksi 47 Titik Panas di Riau

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Feb 2019   13:00 WIB

Komentar
BMKG Deteksi 47 Titik Panas di Riau

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 47 titik panas di Riau, pada Minggu (24/2). Sebaran titik panas terjadi di empat kabupaten.

"Pagi ini terpantau 47 hotspot di Riau. Tersebar di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Siak dan Inragiri Hilir (Inhil)," kata Mia Vadila, prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru.

Baca Lainnya : Kebakaran 36 Hektare Lahan Gambut di Dumai Akhirnya Berhasil Diatasi

Di Kabupaten Bengkalis, terlihat 20 titik panas. Sementara di Kabupaten Pelalawan ada tiga titik, Siak 20 titik dan Inhil empat titik. Dari 47 titik panas, sebanyak 32 titik di antaranya merupakan hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

"Kondisi tersebut mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan, karhutla di Provinsi Riau. Dari 32 titik yang mengindikasikan karhutla, sebanyak 11 titik ada di Kabupaten Bangkalis, Pelalawan tiga titik, Siak 16 titik dan Inhil dua titik," beber Mia.

Baca Lainnya : 2 Helikopter Bantu Padamkan Kebakaran 200 Hektare Lahan di Bengkalis

Wilayah yang paling rawan terjadi karhutla ialah Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"Di Kecamatan Rupat, luas lahan yang terbakar sudah hampir ribuah hektare. Terus diawasi kepolisian, TNI, manggala agni, BPBD dan masyarakat peduli api," tegasnya. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menteri ESDM: Pemotongan Subsidi LPG 3 Kg Masih Kajian

Peristiwa   18 Jan 2020 - 14:11 WIB
Bagikan:          
Bagikan: