Sungai Citarum Meluap, 3 Kecamatan di Bandung Terendam Banjir

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Feb 2019   11:30 WIB

Komentar
Sungai Citarum Meluap, 3 Kecamatan di Bandung Terendam Banjir

Banjir di Baleendah, Bandung. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Kamis (21/2) malam mengakibatkan sejumlah pemukiman penduduk di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang terendam banjir. Kondisi ini terjadi lantaran ke tiga wilayah tersebut lokasinya berdekatan dengan Sungai Citarum.

Saat intensitas hujan tinggi, Sungai Citarum biasanya akan meluap dan merendam permukiman penduduk di sekitarnya. Ketinggian air akibat luapan Sungai Citarum inipun bervariasi. Mulai dari 30 sentimeter hingga 1 meter.

Baca Lainnya : Hujan Deras Sejumlah Wilayah di Bandung Dikepung Banjir

Tak hanya merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan akses jalan dari Siliwangi menuju Baleendah tak bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat.

“Banjir mulai semalam (21/2), dari pukul 20.00 WIB, Dayeuhkolot paling parah terendam banjir berada di RW 03 dan RW 04,” kata Angga, salah seorang warga di Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/2).

Baca Lainnya : Musim Hujan Tiba, Longsor Intai Warga di 15 Kecamatan di Bandung Barat

Dirinya mengungkapkan, meskipun banjir cukup tinggi, tadi dirinya bersama tetangga lain masih bertahan di rumah masing-masing menunggu sampai ada instruksi dari petugas setempat untuk mengungsi.

“Sebagian warga yang memiliki rumah lantai 2, memilih bertahan, listrik masih menyala karena gardu listrik tidak terendam,” ujarnya menambahkan.

Diakui Angga permukimannya selalu rutin dilanda banjir saat terjadi luapan Sungai Citarum setiap terjadi peningkatan curah hujan. [RN]

  3


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: