Teror Anjing Gila di NTB, Tanda Kebangkitan Rabies yang Lama Mati Suri

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
21 Feb 2019   14:45

Komentar
Teror Anjing Gila di NTB, Tanda Kebangkitan Rabies yang Lama Mati Suri

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Indonesia masih dihantui penyebaran penyakit rabies. Penyakit ini sendiri merupakan  salah satu penyakit mematikan berupa infeksi akut yang disebabkan oleh virus rabies. 

Virus ini ditularkan melalui gigitan, jilatan, dan cakaran dari hewan yang mengidap rabies terutama anjing, kucing, kera/monyet. Hewan menular ini bisa menyebarkan virus Lyssavirus yang artinya mengamuk atau kemarahan. Penyakit ini bisa menyerang susunan saraf pusat. Rabies sendiri merupakan penyakit zoonosis yang artinya, penyakit yang bisa menyerang hewan dan manusia.

"Seseorang yang terinfeksi rabies jika sudah menjalar ke otak 100 persen orang itu akan meninggal," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr. Jane Soepardy, MPH Dsc, saat ditemui Trubus.id di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Pusat, beberapa waktu silam.

Jane menambahkan, penyakit ini cukup berbahaya. Setiap tahunnya, rata-rata 55.000 orang meninggal karena rabies dan 95 persen terjadi di Asia dan Afrika berdasarkan data WHO tahun 2013.

Ia menambahkan, berdasarkan data tersebut juga diketahui, sebagian besar penderita rabies sekitar 30 sampai 60 persen adalah anak-anak usia di bawah 15 tahun.

Gejala Rabies dan Penanganan Awal

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: