Saluran Irigasi Diperbaiki, Petani Serdang Bedagai Tunda Tanam Padi

TrubusNews
Syahroni
19 Feb 2019   23:00 WIB

Komentar
Saluran Irigasi Diperbaiki, Petani Serdang Bedagai Tunda Tanam Padi

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Petani padi di Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, baru saja melewati masa panen. Kondisi pasca panen kali ini berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketua Kelompok Tani Fajar di Desa Pematang Setrak, Untung mengatakan, jika tahun 2018, di awal tahun usai panen mereka langsung kembali tanam padi, namun untuk tahun ini mereka menunda hingga bulan Mei mendatang.

Baca Lainnya : Selama 2018, Klaim Asuransi Usaha Tani Padi di Sumut Capai Rp7,2 Miliar

“Penundaan karena saluran irigasi Sungai Ular, tepatnya di Desa Pulau Gambar, sedang diperbaiki. Diperkirakan selesai di bulan April atau Mei,” kata Untung, Selasa (19/2).

Untung menyebut, panen padi di daerahnya sudah hampir seluruhnya selesai dilakukan. Jika tidak ada halangan perbaikan saluran irigasi, pertanaman padi seharusnya dilakukan beberapa saat setelah panen padi di awal tahun.

Baca Lainnya : Tingkatkan Produksi di 2019, Upsus Pajale Sumut Seluas 125.900 Hektare

“Meski demikian, kita, petani di sini tidak mau tinggal diam dengan membiarkan lahannya tidak diolah,” ujarnya.

Diungkapkan Untung, sembari menunggu hingga bulan Mei mendatang, saat ini petani menanami lahannya dengan tanaman sayuran dan palawija. Harapannya, para petani tetap memiliki pendapatan dari mengolah lahan mereka.

“Untuk saat ini, ada sekitar 100 hektare lahan yang sudah ditanami sayuran dan palawija. Ini sebari menunggu saluran irigasi selesai diperbaiki,” Untung menandaskan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: