Waspada, Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Perairan Sulawesi Tenggara

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Feb 2019   17:30 WIB

Komentar
Waspada, Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Perairan Sulawesi Tenggara

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, mengimbau nelayan dan jasa transportasi laut waspada terhadap potensi gelombang setinggi 2,5 meter pada Rabu (20/2).

Gelombang laut setinggi 2,5 meter tersebut diperkirakan bakal terjadi di wilayah peraian Kepulauan Banggai, Sula, dan sebagian kepulauan Wakatobi.

"Warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata petugas BMKG Kendari, Adi Istiyono  dalam keterangan tertulis, Selasa (19/2).

Baca Lainnya : 3 Hari Kedepan, Perairan Indonesia Timur Berpotensi Dihantam Gelombang Setinggi 4 Meter

Ia mengatakan, gelombang tinggi dan angin kencang disertai guntur, berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan di Sultra dan Sulawesi Tengah, terutama pada sore hingga malam hari.

"Fenomena alam selama dua pekan terakhir ini, pada pukul 07.00 hingga 12.00 terlihat cerah dan berawan tipis, namun memasuki waktu sore hari hingga malam, langit gelap hingga hujan deras dan angin kencang dan sesekali bunyi petir, sehingga berpengaruh pada gelombang laut di sejumlah perairan," tuturnya.

Adi menambahkan, warga diharap selalu memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, terutama bagi nelayan yang menggunakan perahu dalam ukuran kecil sebagai sarana untuk menangkap ikan.

Baca Lainnya : Hingga Sabtu Mendatang, Gelombang Tinggi Masih Berpotensi Terjadi di Perairan Indonesia

Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter sangat rawan bagi warga yang melakukan aktivitas melaut, begitu pula dengan jasa kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter juga harus waspada.

Hal yang sama juga berlaku untuk aktivitas kapal fery dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter atau lebih, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar juga tetap waspada pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: