Cegah Penyebaran Rabies, Kementan Kirim 9.000 Dosis VAR ke NTB

TrubusNews
Astri Sofyanti
19 Feb 2019   17:00 WIB

Komentar
Cegah Penyebaran Rabies, Kementan Kirim 9.000 Dosis VAR ke NTB

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna mencegah penyebaran dan menularnya penyakit rabies di Sumbawa dan Dompu, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengirim 9.000 dosis Vaksin Anti Rabies (VAR) ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa mengungkapkan bahwa kementan telah memberikan tambahan vaksin rabies sebanyak 5.000 dosis lagi sejak Jumat (15/2) lalu.

Baca Lainnya : Kasus Rabies Merebak, Pemkab Sumbawa Racuni 264 Ekor Anjing Liar

Diakui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Budi Septiani, jumlah vaksin rabies yang telah diberikan sampai saat ini sudah mencapai 9.000 dosis.

Seperti diketahui, penyakit rabies saat ini tengah menyerang Kabupaten Dompu. Sejak awal penyebaran awal Januari 2019 silam, penyebaran penyakit ini sudah sampai ke Kabupaten Sumbawa.

Berdasarkan data tim gabungan penanganan rabies Kabupaten Dompu, NTB, jumlah korban gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) sebanyak 685 orang. Sementara itu, untuk hewan, pihaknya sudah melakukan vasinasi anti rabies ke 3.306 hewan yang meliputi anjing, kucing dan kera.

Baca Lainnya : Kementan Atasi Penyakit Rabies di 35 Desa di Dompu

“Jadi jika ditotal hewan penular rabies yang ada di Kabupaten Dompu sebanyak 10.334 ekor,” tambahnya.

Selain itu, dirinya menambahkan, HPR yang sudah diberikan vaksinasi, yakni anjing sebanyak 2.952 ekor, kucing 333 ekor dan kera 21 ekor. Di Kabupaten Sumbawa, kata dia, pemberian vaksinasi juga sudah dan terus dilakukan oleh dinas terkait.

Kabupaten Sumbawa telah menerima bantuan sebanyak 3.200 dosis vaksin rabies. Pembagian vaksin tersebut difokuskan untuk wilayah-wilayah yang memiliki risiko tinggi terhadap penularan rabies. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: