Kalender Penanggalan Petani Indian Ramalkan Super Snow Moon Bawa Petaka

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Feb 2019   16:00 WIB

Komentar
Kalender Penanggalan Petani Indian Ramalkan Super Snow Moon Bawa Petaka

Super Snow Moon. (Foto : Latestly.com)

Trubus.id -- Fenomena super snow moon akan terjadi pada Selasa (19/2) sepanjang malam di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berbeda dengan supermoon sebelumnya pada 21 Januari, fenomena kali ini diprediksi menjadi supermoon terbesar yang terlihat tahun ini.

Kondisi ini sendiri terjadi karena malam nanti bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan perigee (titik terdekat bulan ke Bumi dalam orbit bulanannya) yaitu sejauh 356.761 kilometer. 

Baca Lainnya : Supermoon 19 Februari Mendatang Digadang-gadang jadi Supermoon Paling Terang

Suku asli Amerika Indian menyebut, fenomena bulan ini sebagai "Bulan Purnama Salju" (Super Snow Moon). Penamaan itu sendiri didasari buku Almanac yang dipelajari suku ini secara turun temurun. Dalam buku Almanac Suku Indian itu juga disebutkan, Super Snow Moon akan membuat iklim di bumi menjadi buruk.

Almanac juga menyatakan bahwa nama-nama umum lainnya untuk bulan purnama di bulan Februari ini adalah Hunger Moon, Bony Moon, dan Little Famine Moon. Di momen seperti itu, suhu yang keras dan iklim yang buruk membuat perburuan menjadi sulit di bumi seperti dilansir dari People, Selasa (19/2).

Baca Lainnya : Dampak Supermoon, 7 Titik Perairan Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi

Di berbagai belahan dunia, bulan purnama di bulan Februari disebut sebagai Snow Moon. Penanggalan petani di zaman dahulu lah yang pertama kali menyebutnya dengan istilah Snow Moon. Penamaan ini sendiri didasari dengan kondisi di beberapa bagian di dunia yang cuacanya sedang sangat dingin dan bersalju.

Di tahun ini, bulan purnama Snow Moon akan jatuh bertepatan dengan fenomena Supermoon. Fenomena Supermoon sendiri terjadi saat bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi. Bedanya dengan Super Blood Wolf Moon adalah, bulan tidak akan berubah warna jadi kemerahan saat fenomena Super Snow Moon. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: