Dinkes Catat 178 Kasus DBD Terjadi di Kepulauan Sangihe

TrubusNews
Astri Sofyanti
19 Feb 2019   14:00 WIB

Komentar
Dinkes Catat 178 Kasus DBD Terjadi di Kepulauan Sangihe

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara melaporkan, sejak awal tahun 2019 hingga saat ini terdapat 178 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Joppy Thungari mengungkapkan, jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah. Diakuinya, jumlah penularan penyakit DBD ini, lanjut dia, paling banyak dialami masyarakat yang bermukim di Kota Tahuna dan sekitarnya.

Baca Lainnya : Cegah DBD, Menkes Minta Sekolah Kuras Bak Mandi Jelang Akhir Pekan

"Mereka terdistribusi di Kecamatan Tahuna Barat, Tahuna dan Tahuna Timur, tiga lokasi ini paling banyak penderitanya," terang Thungari di Tahuna, Selasa (19/2).

Pihaknya menambahkan, jajaran dinas kesehatan telah melakukan langkah penanganan lanjutan dengan melakukan pengasapan/fogging ke semua kelurahan untuk mengurangi angka penyebaran.

Diakuinya, sampai sat ini, pemerintah kabupaten melalui Bupati telah menginstruksikan kepada camat serta lurah dan kapitalaung agar melakukan aksi kebersihan lingkungan.

Baca Lainnya : Musim Hujan Tiba, Demam Berdarah Mulai Mengancam Warga

Pihaknya juga mengajak warga setempat untuk bersama-sama melakukan gerakan kebersihan sebagai langkah awal membunuh semua jentik dan telur nyamuk penyebab DBD.

Dirinya meminta semua masyarakat terus menggiatkan kebersihan lingkungan termasuk melakukan kegiatan 3M yaitu "Menguras, Membuang dan Menutup" setiap wadah yang menampung air.

"Paling penting adalah bagaimana warga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta memelihara kesehatan agar terhindar dari penyakit ini," ungkap Thungari. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: