Kurangi Dampak Bencana, 2.230 Pohon Ditanam di Pesisir Pandeglang

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Feb 2019   16:00 WIB

Komentar
Kurangi Dampak Bencana, 2.230 Pohon Ditanam di Pesisir Pandeglang

Presiden Jokowi (kanan) mensos agus (kiri) usai menghadiri sosialisasi kesiapsiagaan bencana di Lapangan Panimbang, Banten (Foto : Doc/ ANTARA)

Trubus.id -- Guna mengurangi dampak bencana alam seperti gelombang pasang air laut hingga tsunami, di sejumlah titik pesisir rawan bencana di Kebupaten Bandeglang, Banten ditanami sebanyak 2.230 bibit pohon kayu keras.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, ribuan bibit berasal berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebanyak 1.000 bibit serta 1.230 bibit berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Lainnya : 3 Kecamatan di Tepi Pantai Pandeglang Belum Miliki Jalur Evakuasi Bencana

Agus mengatakan bahwa bibit-bibit tersebut dipilih karena memiliki akar yang kuat. Dirinya juga berharap nantinya pohon-pohon tersebut menjadi penahan terjangan ombak khususnya di wilayah Panimbang.

"Upaya kesiapsiagaan dan mitigasi memang harus akrab dengan alam," ujarnya kepada awak media di Lapangan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (18/2).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan bibit pohon yang ditanam di Panimbang antara lain bibit pohon torem, mahoni, palaka bini, masola, sukun dan pule.

Baca Lainnya : Prediksi Tsunami Pandeglang 57 Meter Masih Materi Mentah

"Pohon yang ditanam tentunya juga yang memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga pohon langka seperti pohon torem yang memang mampu bertahan karena memiliki akar yang kuat," ujar Harry.

Sebagaimana diketahui, karena berada di wilayah cincin api (ring on fire) Indonesia begitu rentan terjadi bencana alam. Oleh karena itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga menghadapi dan mengantisipasi bencana serta melakukan penghijauan untuk meminimalkan risiko serta dampak bencana. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: