Target Jokowi Membenahi Lingkungan Hidup Selanjutnya Fokus pada Pengurangan Sampah Plastik

TrubusNews
Binsar Marulitua
18 Feb 2019   09:00 WIB

Komentar
Target Jokowi Membenahi Lingkungan Hidup Selanjutnya Fokus pada Pengurangan Sampah Plastik

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lingkungan hidup merupakan salah satu tema yang diangkat dalam debat calon presiden pada Minggu (17/2), selain energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam. Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) sebagai petahana mengungkapkan akan fokus  mengurangi sampah plastik, baik di sungai maupun di laut.

"Saya kira itu dedikasi yang kita berikan pada bangsa ini untuk Indonesia maju," kata Jokowi di akhir pemaparannya, Minggu (18/2). 

Jokowi juga memaparkan salah satu keberhasilannya adalah menekan kebakaran hutan dan lahan. Capres petahana ini mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir pemerintahannya bisa menurunkan angka kebakaran hutan dan lahan. Dalam tiga tahun ini mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengklaim, tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut.

Baca Lainnya : Jokowi Dianggap Abaikan Lingkungan Hidup, Prabowo Akui Kepemilikan Ratusan Hektare Konsesi Lahan

"Kita ingin kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut tak terjadi lagi, dan ini sudah kita atasi," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Walaupun kebakaran hutan berkurang selama tiga tahun terakhir, tidak berarti hal ini tidak terjadi sama sekali. Menurut data SiPongi Kementerian LHK, ada 14.604,84 ha lahan gambut terbakar tahun 2016, 11.127,49 ha terbakar pada tahun 2017, 4.666,39 pada tahun 2018.

Dalam segmen debat ketiga, Jokowi mengatakan bahwa penindakan hukum yang tegas berkontribusi dalam penanganan kebakaran hutan.

"Sudah ada 11 perusahaan yang diberikan sanksi denda Rp 18 triliun. Kenapa semua takut kebakaran hutan karena kita tegas," tambah dia. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: