Ditanya Industri 4.0, Prabowo Subianto Malah Sindir Kehidupan Petani dan Impor Pangan

TrubusNews
Isna Setyanova
17 Feb 2019   22:27 WIB

Komentar
Ditanya Industri 4.0, Prabowo Subianto Malah Sindir Kehidupan Petani dan Impor Pangan

Foto ilustrasi Prabowo Subianto (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pasangan Capres 01 dan 02 kembali unjuk kebolehan dalam ajang Debat Capres Tahap 2 yang digelar Minggu (17/02/19) di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam tema kali ini muncul pertanyaan panelis terkait perkembangan industri 4.0 yang ditandai dengan maraknya dunia digital dan artificial intellegent. Joko Widodo, Capres nomor 01 tidak menampik arah industri 4.0 yang begitu pesat berkembang. Bahkan ia menyebut pentingnya para petani dan pelaku UMKM dikenalkan pada dunia digital termasuk pembangunan yang telah dilakukan untuk mendukung pesatnya industri 4.0.

"Saya sampaikan pembangunan palapa ring yang sudah dibangun di Indonesia Bagian Barat, Bagian Tengah, dan Bagian Timur hampir selesai 100 persen," terang Jokowi.

Jokowi menambahkan upaya mewujudkan industri 4.0 diwujudkan dalam pengembangan sistem 4G yang pembangunannya sudah 75% di sejumlah kabupaten dan kota-kota di Indonesia. 

"Tahun ini saya yakin akan selesai dan kita akan lebih mudah masuk ke era industri 4.0," tambahnya.

Baca Lainnya : KPK Sebut, Perizinan Sektor Kehutanan Rentan Suap dan Pemerasan

Mendengar pernyataan tersebut, Pasangan Capres 02, Prabowo Subianto memberikan tanggapan. Politikus Gerindra ini sangat memahami dahsyatnya era industri 4.0. Bahkan Prabowo memberikan ilustrasi sebuah pabrik di Jerman yang biasanya menggunakan 50 tenaga kerja, kini hanya menggunakan robot dan kurang dari 50 tenaga kerja . 

Namun, Prabowo tiba-tiba mengingatkan kalau pemerintah dianggapnya belum bisa membela petani. 

"Inti yang ingin sampaikan kita bicara industri 4.0, tapi kita belum bisa membela petani-petani kita sendiri,"ungkap Prabowo yang disambut dengan riuhnya para pendukung.

Baca Lainnya : Di Debat Capres, Prabowo Sebut Sepertiga Balita Indonesia Alami Stunting, Ini Faktanya

Prabowo menambahkan jika pemerintah belum bisa menjamin harga-harga pangan yang belum terjangkau oleh masyarakat.

"Ini yang saya permasalahkan. Bagus, kita bicara industri 4.0, tetapi saya lebih ingin menjamin bahwa Indonesia bisa menyediakan pangannya sendiri tanpa impor-impor dari negara mana pun," terang Prabowo [SN].

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: