Bikin Sungai Cikeas Meluap, KP2C dan DLH Kota Bekasi Bersihkan Bendung Koja

TrubusNews
Syahroni
17 Feb 2019   20:00 WIB

Komentar
Bikin Sungai Cikeas Meluap, KP2C dan DLH Kota Bekasi Bersihkan Bendung Koja

KP2C dan DLH Kota Bekasi membersihkan sampah bambu di Bendung Koja, Minggu )17/2). (Foto : Doc/ KP2C)

Trubus.id -- Tumpukan sampah di Bendung Koja, Bekasi mengakibatkan Sungai Cikeas meluap dan membanjiri 4 perumahan warga yang berada di sisi alirannya. Agar kondisi tak terulang, Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) bersama tim katak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi pun langsung bergerak melakukan langkah pembersihan.

Dari Bendung Koja yang terletak di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu, sampah yang didominasi oleh bambu diangkut.

Ketua KP2C, Puarman mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah antisipasi banjir yang melanda lingkungan sekitar yang dilintasi sungai. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi, pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari kemarin, menyebabkan banjir di empat perumahan, seperti Vila Nusa Indah 3 dan Vila Mahkota Pesona, perumahan Bumi Perkemahan Jatisari dan Puri Nusaphala.

Baca Lainnya : Gunungan Sampah Bambu di Bendung Koja, Penyebab Meluapnya Sungai Cikeas

“Luapan sungai Cikeas yang melanda empat kawasan perumahan itu lebih disebabkan gunungan sampah yang menumpuk di Bandung Koja. Untuk itu, kita bersihkan,” kata Ketua KP2C, Puarman, Minggu (17/2).

Pantauan di lokasi KP2C, bersama tim Katak LH Kota Bekasi, hingga pukul 15.00 WIB masih melakukan pengangkutan. Sampah bambu tersebut sebagian diambil warga untuk dimanfaatkan atau dibawa ke Hutan Bambu Margahayu Kota Bekasi.

Baca Lainnya : Berpotensi Sebabkan Banjir, 1.200 Meter Kubik Sampah Dibersihkan dari Sungai Cikeas

“Yang tidak terpakai dibuang ke tempat pembuangan akhir (TP),” tandas Puarman. Ia menambahkan, kondisi saat ini sudah sekitar 70 persen sampah yang berhasil diangkut. Dikatakan jika tidak selesai, maka pengangkutan sampah bambu di bendungan Koja, akan dilanjutkan besok Senin (18/2).

Menurutnya, tim KP2C bersama tim Katak dari LH Kota Bekasi kerap melakukan pembersihan pada akhir 2018. Tumpukan sampah bambu di bendungan Koja bukan hal baru, tetapi belum ada tindakan tegas.

“Sampah bambu yang menggunung di bendungan Koja, diduga dari sisa bangunan yang dibuang sembarangan dari hulu sungai,” ujarnya.[RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: