Senyum Lebar Petani di STM Hulu Saat Panen Cabai Merah

TrubusNews
Thomas Aquinus
16 Feb 2019   23:00 WIB

Komentar
Senyum Lebar Petani di STM Hulu Saat Panen Cabai Merah

Pelaksanan Harian (Plh) Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Baharuddin Siregar saat panen cabai (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Kelompok Tani Mawar di Desa Bah-bah Buntu, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) tersenyum lebar karena hasil panen cabai merahnya sebanyak 15 hingga 20 ton. 

Pelaksanan Harian (Plh) Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Baharuddin Siregar mengatakan, di desa ini pertanaman cabai merah terhampar di lahan seluas 2,5 hektare. 

"Kelompok Tani Mawar merupakan penerima bantuan benih dan sarana prasarana dari APBN dan APBD tahun 2018, sebagai kawasan pengembangan tanaman cabai," kata Baharuddin, Sabtu (16/2). 

Baca Lainnya : Hindari Tengkulak, Petani Cabai di Sleman Kembangkan Sistem Lelang

Desa Bah-bah Buntu sengaja dipilih karena bisa dilakukan penanaman dalam satu hamparan. Baharuddin memperkirakan, hasil panen bisa mencapai 15 hingga 20 ton dengan catatan dilakukan perawatan yang baik. 

"Panen cabai ini bisa dilakukan hingga 3 bulan mendatang, setiap tiga hari sekali," ujarnya. 

Baharuddin menyebut, saat ini harga cabai di tingkat petani masih di kisaran Rp11.000 per kilogram. Harga ini kurang menguntungkan bagi petani, karena harga cabai bisa menguntungkan petani ketika paling kecil Rp15.000 per kilogram.

Baca Lainnya : Waspada, Virus Antraknos Mengancam Petani Cabai

"Nah, di pasar, pengepul datang ke lokasi. Tidak masalah. Harganya saja yang harusnya lebih tinggi," ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Mawar, Tempat Barus mengungkapkan, mereka merasa senang dengan hasil panen cabai. Meski mereka senang, mereka berharap harga pasar bisa menguntungkan petani.

"Karena, petani sudah berupaya keras untuk menanam cabai. Jika panen melimpah dan harga jatuh, petani merugi," tandasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: