Sumbawa Tetapkan Status KLB Rabies

TrubusNews
Thomas Aquinus
16 Feb 2019   08:00 WIB

Komentar
Sumbawa Tetapkan Status KLB Rabies

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kasus virus rabies anjing gila yang merebak di Sumbawa membuat Pemkab menetapkan kejadilan luar biasa (KLB). Penetapan itu dilakukan untuk optimalisasi penanganan korban rabies.

"Status KLB siap ditetapkan dengan keputusan bupati. Sebelumnya sudah diajukan dan koreksi SK hingga ditetapkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Didi Darsani, Jumat (15/2).

Setelah melakukan kajian, Pemkab Sumbawa menyatakan penetapan status KLB tersebut akan diumumkan pada Sabtu (16/2). Didi mengungkapkan hingga hari ini, jumlah korban yang dinyatakan terindikasi rabies kian meningkat.

Baca Lainnya : Kementan Atasi Penyakit Rabies di 35 Desa di Dompu

"Dari 17 gigitan sudah 4 orang yang dipastikan digigit anjing yang rabies, sisanya suspect," ujarnya.

Sebagai langkah penanganan virus rabies, Pemkab Sumbawa akan melakukan vaksinasi anti rabies bagi hewan peliharaan yang ada pemiliknya dan eliminasi anjing liar.

Penanganan pasien yang terjangkit rabies juga akan dioptimalkan selain mengadakan upaya sosialiasi ke masyarakat guna mewaspadai ancaman bahaya rabies.

"Meminta kesediaan warga untuk vaksinkan hewan peliharaannya tidak boleh disembunyikan, tidak boleh membawa anjing dan kucing keluar masuk wilayahnya. Kalau ada yang digigit, segera bawa ke Puskesmas," ujarnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: