Dari 8 Wilayah Penyebaran Leptospirosis, Jateng Peringkat Pertama

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Feb 2019   18:00

Komentar
Dari 8 Wilayah Penyebaran Leptospirosis, Jateng Peringkat Pertama

Ilustrasi (Foto : Philippine Star)

Trubus.id -- Leptospirosis merupakan infeksi bakteri langka Leptospira interrogans yang ditularkan lewat air kencing hewan seperti anjing, tikus, dan hewan ternak lain pembawa bakteri dalam ginjal mereka. Penyakit ini banyak timbul saat musim hujan. Selain itu, penyakit ini paling rentan terjadi pada wilayah-wilayah yang dilanda banjir.

Pada sebagian besar kasus, leptospirosis adalah penyakit yang tak mengenakkan namun tak mengancam nyawa. Tanda-tanda leptospirosis seperti flu. Tapi saat seseorang terinfeksi leptospirosis banyak pasien jarang yang bertahan jika lebih dari seminggu tak segera diberikan perawatan medis.

Baca Lainnya : Waspada, Leptospirosis Berpotensi Merebak saat Genangan Banjir

Merespon hal tersebut, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono mengungkapkan, saat ini ada delapan provinsi yang terdapat kasus leptospirosis.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2018 sampai Januari 2019, ke delapan wilayah tersebut antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Maluku.

Dilaporkan pada Januari 2019 lalu, leptospirosis ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kalimantan Utara (Kaltara). Jumlah korban meninggal akibat penyakit leptospirosis banyak ditemukan di Kota Tarakan.

Baca Lainnya : Musim Hujan Tiba, Demam Berdarah Mulai Mengancam Warga

Berdasarkan data tersebut, kasus dan tingkat kematian akibat leptospirosis paling tinggi berada di Jawa Tengah, yakni 427 kasus dengan jumlah 89 kematian. Peringkat ke dua di duduki oleh Banten dengan 104 kasus dan 26 kematian.

Namun, 10 persen dari kasus leptospirosis menunjukkan tingkat yang sangat parah. Biasanya pasien sembuh, namun kemudian kambuh dengan kondisi yang lebih serius dari serangan pertama.

Kondisi ini disebut penyakit Weil (Weil's disease), yang bisa ditandai dengan nyeri dada serta pembengkakan pada lengan dan kaki sehingga memerlukan perawatan medis. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: