68 Titik Panas di Riau Belum Menunjukkan Tanda-tanda Akan Padam

TrubusNews
Syahroni
15 Feb 2019   16:00 WIB

Komentar
68 Titik Panas di Riau Belum Menunjukkan Tanda-tanda Akan Padam

Karhutla di Riau belum ada tanda-tanda akan padam. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau belum menunjukkan tanda-tanda padam. Setiap hari selalu terdeteksi titik panas sebagai indikasi kebakaran meskipun jumlahnya dari hari ke hari fluktuatif.

Kebakaran yang terjadi di lahan gambut ini masih ditempati Kabupaten Bengkalis sebagai pemuncak di Riau, yaitu 48 titik panas. Selanjutnya Kepulauan Meranti dengan 18 titik dan terakhir Pelalawan tiga titik serta Siak satu titik.

Baca Lainnya : Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Kota Dumai Sempat Sentuh Level Berbahaya 

"Hari ini secara keseluruhan terpantau 68 titik panas di Riau, kemudian di Provinsi Bengkulu, Lampung dan Kepulauan Riau masing-masing satu titik," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Jum'at (15/2).

Dari 68 titik panas di Riau, BMKG menyebut yang menunjukkan telah terjadinya Karhutla atau titik api ada 62 dengan level kepercayaan di atas 70 persen. Paling banyak masih tetap Kabupaten Bengkalis yaitu 44 titik.

"Kemudian di Kabupaten Kepulauan Meranti 16 titik api, Pelalawan dan Siak masing-masing satu titik api," kata Sukisno.

Baca Lainnya : Titik Panas Indikasi Karhutla di Sumatera Meningkat Tajam, Riau Mendominasi

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di Riau secara umum cerah dan berawan mulai dari pagi, siang hingga dini hari. Potensi hujan masih ada meskipun bersifat lokal, tapi wilayah Bengkalis dan Meranti tidak ada potensi hujan.

"Hujan bersifat lokal dan ringan diprakirakan terjadi di Kampar, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi," sebut Sukisno. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: