Gunung Agung Kembali Erupsi, Sinar Api Teramati dari Bukit Asah

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Feb 2019   11:00 WIB

Komentar
Gunung Agung Kembali Erupsi, Sinar Api Teramati dari Bukit Asah

Erupsi Gunung Agung Kamis (14/2) pagi teramati mengeluarkan sinar api. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menurut laporan Pos Pantau Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, gunung tersebut kembali erupsi pada Kamis (14/2) sekitar pukul 04.34 WITA. Dilaporkan erupsi terjadi selama 3 menit 40 detik, dengan sinar api yang juga teramati dari Bukit Asah. 

Meski begitu, kolom abu saat erupsi tidak teramati. Kepala Pos Pantau Gunung Agung, Dewa Made Merthe Yasa menyatakan, tinggi kolom abu yang tidak teramati itu terekam dari data seismogram.

Baca Lainnya : Gunung Agung Kembali Erupsi, Aliran Lahar Dingin Mengancam

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 17 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 40 detik," terangnya di Denpasar, Kamis (14/2).

Dirinya mengatakan, Gunung Agung sempat terpantau mengalami gempa tektonik jauh satu kali dengan amplitudo 22 mm dengan durasi 110 detik. Berdasarkan laporan petugas di lapangan sejumlah desa sudah terpapar abu vulkanik dari erupsi tersebut.

Baca Lainnya : Gunung Agung terus Erupsi, BPBD Bali Minta Warga Tetap Tenang

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat di sekitar Gunung Agung, para pendaki ataupun wisatawan untuk tidak berada atau tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas di zona perkiraan bahaya di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak gunung.

Diakui Dewa, zona perkiraan bahaya, bersifaf dinamis dan akan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

"Saat ini PVMBG masih menetapkan gunung api dalam level 3 atau  siaga," ujarnya menambahkan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menteri ESDM: Pemotongan Subsidi LPG 3 Kg Masih Kajian

Peristiwa   18 Jan 2020 - 14:11 WIB
Bagikan: