Musim Hujan Jangan Kendor, Bencana Hidrometeorologi dan DBD Tengah Meneror

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
13 Feb 2019   23:00

Komentar
Musim Hujan Jangan Kendor, Bencana Hidrometeorologi dan DBD Tengah Meneror

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini tengah memasuki musim penghujan. Deputi bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahardi Prabowo menjelaskan, puncak musim hujan yang tengah terjadi di Indonesia ini diakibatkan karena pergerakan angin monsun barat atau baratan terjadi sangat kuat.

BMKG juga menyatakan massa udara dingin dari Asia juga menjalar hingga ke sejumlah wilayah nusantara yakni, Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dan massa udara basah dari Samudra Hindia memasuki perairan Barat Bengkulu, Selat Sunda, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga NTT.

Adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Selatan Jawa dan adanya beberapa sirkulasi angin yang dapat membentuk pola konvergensi atau area pertemuan angin yang memanjang dari wilayah perairan barat Sumatera, Jawa hingga Laut Banda. Area pertemuan angin ini juga akan mendukung pertumbuhan awan hujan yang signifikan.

“Kondisi ini memicu adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ujarnya dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Deputi bidang Klimatologi BMKG, Herizal menambahkan, waktu musim hujan kali ini sendiri diperkirakan akan mundur dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Musim hujan kita mundur. Untuk itu, puncaknya juga mundur. Bulan Januari dan Februari untuk lebih waspada," kata Herizal, di sela-sela menghadiri Sekolah Lapang Iklim (SLI)-Sosialisasi Agroklimat di Desa Candisari, Windusari, Kabupaten Magelang, Rabu (30/1) lalu.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Klas 1 Semarang, Tuban Wiyoso, menambahkan Februari hingga Maret tahun ini diprediksi curah hujan di pegunungan masih tinggi. Untuk itu, perlu kewaspadaan pada bencana yang diakibatkan meningkatnya curah hujan terutama di wilayah pegunungan. Sedangkan di kawasan pesisir, kata dia, pada bukan Februari-Maret intensitas hujan sudah menurun. 

Musim Hujan dan Bencana Hidrometeorologi

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: