Masyarakat Diminta Kosongkan Radius 3 Kilometer dari Puncak Gunung Merapi

TrubusNews
Binsar Marulitua
13 Feb 2019   13:30 WIB

Komentar
Masyarakat Diminta Kosongkan Radius 3 Kilometer dari Puncak Gunung Merapi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta meminta masyarakat tetap mengosongkan radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Walaupun aktivitas menurun, guguran dan aliran lava pijar dilaporkan masih fluktuatif hingga Selasa (12/2).

"Radius tiga kilometer dari puncak Merapi dikosongkan dari aktivitas penduduk dan diimbau waspada bahaya lahar saat terjadi hujan di seputar Merapi," tulis BPPTKG dalam pers rilisnya, Rabu (13/2).

Baca Lainnya : Tiga Jalur Evakuasi Disiapkan Guna Mengantisipasi Erupsi Gunung Merapi 

BPPTKG Yogyakarta mencatat, kurun waktu 12 hari selama bulan Februari aktivitas Merapi masih mengalami fluktuasi. Sempat terjadi 30 kali guguran tanggal 5 Februari, terjadi peningkatan signifikan sampai lebih dari 130 guguran tanggal 7 Februari.

Pada Senin (11/2) jumlah guguran mengalami kenaikan yakni mencapai 50 kali, awan panas guguran teramati satu kali juga ke arah tenggara dengan jarak luncur 400 meter.

Sedang pada Selasa (12/2) sempat terjadi 17 kali guguran pada periode 00.00-06.00 dengan durasi 10-60 detik namun pada periode pukul 06.00-12.00 jumlah guguran menurun menjadi 10 kali dengan durasi 11-44 detik. Atas kondisi ini, status Merapi masih waspada.

Baca Lainnya : Hujan Deras, Warga Lereng Merapi Terancam Banjir Lahar Dingin

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyatakan kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Radius tiga kilometer dari puncak Merapi harus sudah dikosongkan dan penduduk yang tinggal di KRB III diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunungapi Merapi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: