Mangsa 4 Kambing Warga, Harimau Muda di Sijunjung Diburu Petugas BKSDA

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
12 Feb 2019   23:00

Komentar
Mangsa 4 Kambing Warga, Harimau Muda di Sijunjung Diburu Petugas BKSDA

Ilustrasi jejak harimau Sumatera. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Sudah beberapa hari belakangan, warga di Nagari Unggan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, resah. Kondisi ini terjadi karena kemunculan harimau Sumatera disekitar pemukiman mereka. Tak hanya menampakkan diri, harimau yang diperkirakan masih berusia remaja itu juga telah memangsa 4 ekor kambing warga. 

Kepala Resor Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sijunjung, Zulmi Gusrul mengatakan, laporan munculnya Panthera Tigris Sondaica itu pertama diterima sejak Minggu (10/2) kemarin. 

Baca Lainnya : Inilah Penyebab Harimau Sering Masuk Permukiman Warga Riau 

Tim dari BKSDA Sijunjung kemudian berusaha menghalau harimau tersebut dengan teriakan suara agar harimau menjauh dari pemukiman. Ia juga menjelaskan, dari temuan beberapa jejak diperkirakan harimau Sumatera itu berusia kurang dari dua tahun. 

Seperti diketahui, harimau semuda itu biasanya tengah masuk fase belajar berburu. Namun, demikian harus tetap diwaspadai. Mengingat, sewaktu-waktu binatang itu bisa muncul kembali ke pemukiman warga, apabila stok makanan sudah habis.

Namun demikiain, warga belum tenang karena harimau itu masih berkeliaran. Untuk itu Tim BKSDA Sumatera Barat menyiapkan sebuah box trap untuk menangkap harimau tersebut. Zulmi menjelaskan, box trap itu nantinya juga akan dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk memantau pergerakan harimau.

Baca Lainnya : Gempar, Harimau Masuk pasar di Pulau Burung, Riau  

"Ini sudah meresahkan masyarakat setempat. Sesuai dengan permintaan, kami pasang satu perangkap. Pemasangan perangkap tidak jauh dari lokasi awal munculnya harimau," ujarnya. 

Zulmi menduga masuknya harimau Sumatera ke permukiman diduga akibat terusik aktivitas masyarakat yang merambah habitat hewan tersebut, seperti berburu babi. 

"Sifat harimau Sumatera ketika berusia remaja tidak akan takut saat berhadapan dengan manusia. Sebab, di usia remaja ini, harimau Sumatera dalam tahap proses pembelajaran dalam berburu mangsa," katanya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: