17 Titik Panas Terdeteksi, Karhutla Ancam Riau

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
12 Feb 2019   11:45

Komentar
17 Titik Panas Terdeteksi, Karhutla Ancam Riau

Sebaran titik api di Sumatera (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun di Pekanbaru mendeteksi 17 titik panas sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera. Titik panas ini tersebar di Provinsi Lampung, Kepulauan Riau dan Riau.

"Paling banyak di Riau sebanyak 11 titik panas, sementara di Lampung satu titik dan Kepulauan Riau lima titik," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sukisno, Selasa (12/2/2019).

Menurut Sukisno, 11 titik panas di Riau tersebar di tiga kabupaten, yaitu Bengkalis tujuh titik, Kepulauan Meranti dua titik dan Pelalawan dua titik. 

Dari jumlah itu, Satelit Terra Aqua yang digunakan BMKG memprakirakan sembilan  titik api dengan level kepercayaan di atas 70 persen. Titik api ini tersebar di Pelalawan dua titik, Bengkalis enam titik dan Meranti satu titik.

"Hal ini sudah diinformasikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau," terang Sukisno.

Sukisno menjelaskan, cuaca di Riau pada umumnya cerah hingga berawan. Potensi hujan masih ada tapi bersifat lokal yang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak dan sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

"Namun pada umumnya cerah berawan hingga malam hari sampai dini hari," kata Sukisno. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: