Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kaimana, Tak Berpotensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 Feb 2019   10:51 WIB

Komentar
Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kaimana, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 4,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Getaran gempa terjadi sekitar pukul 08.59 WIT, Selasa 12 Februari 2019.

BMKG menegaskan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Sebab, kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, lokasi gempa pada koordinat 4.05 Lintang Selatan dan 133.36 Bujur Timur yang berjarak 62 km Barat Daya Kaimana. Gempa terjadi di kedalaman 15 kilometer.

Sementara itu, setelah ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan dampak masyarakat terhadap guncangan gempa serta kerusakan bangunan.

Meski begitu, BMKG mengimbau warga setempat untuk terus meningkatkan kewaspadaan serta memperbarui informasi seputar gempa melalui website resmi BMKG.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan:          

Italia Umumkan Kasus Kematian Kedua Akibat Covid19

Peristiwa   22 Feb 2020 - 18:36 WIB
Bagikan: