Panen Bawang Merah Melimpah, Petani Sidomulyo Senyum Semringah 

TrubusNews
Karmin Winarta
10 Feb 2019   10:13 WIB

Komentar
Panen Bawang Merah Melimpah, Petani Sidomulyo Senyum Semringah 

Panen bawang merah di di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Petani di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara, panen bawang merah dengan hasil yang menggembirakan, yaitu 9 hingga 10 ton per hektare.

Padahal, bertanam bawang merah baru pertama kali dilakukan petani di daerah tersebut. Dengan hasil panen yang menggembirakan, Kelurahan Sidomulyo diproyeksikan sebagai sentra produksi bawang merah di kawasan Medan Selatan. 

Sebelum panen dimulai, para petani berkumpul di bawah tenda. Mereka berkumpul bersebelahan dengan hamparan tanaman bawang merah siap dipanen seluas 1.500 meter. Lahan dikelola Kelompok Tani Harapan Tani, anggota Gabungan Kelompok Tani Mandiri. 

Baca Lainnya: Sumut Terus Berupaya Penuhi Kebutuhan Bibit Bawang Merah

Camat Medan Tuntungan, Gelora Ginting mengatakan, sangat senang melihat hasil panen yang dilakukan petani. Dukungan kepada petani oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan maupun Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara diharap tidak berhenti di sini saja. 

"Kita harap dukungan terus berlanjut hingga ke depan," kata Gelora, Minggu (10/2).

Gelora mengungkapkan, di Kecamatan Medan Tuntungan masih terdapat 8 hektare lahan milik Pemerintah Kota Medan yang tidak dikelola. Menurutnya, lahan ini akan sangat bermanfaat jika dikelola bersama secara eceran maksimal oleh petani. 

"Sebaiknya, potensi dapat dilihat dan dimaksimalkan, luasnya 8 hektare. Lahan ini bisa dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan Kelurahan Sidomulyo," ucapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Medan, Asrah Harahap menyebut, pertanaman bawang merah di Medan Tuntungan sangat potensial sebagai sentra produksi di kawasan Medan Selatan. 

Asrah menilai, petani di Kelurahan Sidomulyo akan mengimbangi sepertu yang dilakukan petani di Medan Marelan, yang menjadi sentra produksi bawang merah di kawasan Medan Utara.

Baca Lainnya: Harga Bawang Merah di Cirebon Anjlok, Petani Kurangi Lahan

"Kedua wilayah ini sangat mendukung program kita, yaitu menumbuhkan dan meningkatkan produksi hortikultura. Tujuannya menuju produksi bibit umbi bersertifikat," sebut Asrah. 

Sementara dari pihak Bank Indonesia, Winda mengutarakan, sangat mengapresiasi keberhasilan petani Kelurahan Sidomulyo dalam pertanaman bawang merah.

Direncanakan, pihaknya akan membantu petani dalam pengembangan budidaya bawang merah, sebagaimana sudah dilakukan bersama petani di Medan Marelan dan Kecamatan Beringin, Deli Serdang. 

"Kita tidak hanya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan uang, tetapi juga pertanian. Kita juga ada ahlinya yang memahami di bidang ini," ujarnya. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: