Pemkot Medan Gerak Cepat Bersihkan Danau Siombak dari Sampah

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 0
09 Feb 2019   19:00

Komentar
Pemkot Medan Gerak Cepat Bersihkan Danau Siombak dari Sampah

Petugas DKP Kota Medan saat membersihkan sampah di kawasan Danau Siombak, Sabtu (9/2) pagi. (Foto : Kontributor Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) membersihkan sampah di kawasan Danau Siombak. Sebab, warga mengeluh karena salah satu objek wisata air yang ada di Kota Medan itu banyak ditemukan sampah.

DKP langsung turun membersihkan danau yang diapit Sungai Deli dan Sungai Terjun. Kadis DKP Kota Medan, Husni, mengerahkan ratusan petugas untuk melakukan pembersihan. Sampah terlihat di pinggiran danau buatan yang memiliki luas sekitar 40 hektare dengan kedalaman 12 meter.

Baca Lainnya : Kurangi Sampah, Yuk Jadikan Kantong Plastik Lebih Bermanfaat

Pembersihan dilakukan secara manual, dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Untuk mengangkut sampah yang mengapung di pinggiran danau, para petugas menggunakan penggaruk dan jaring. Dan, untuk memaksimalkan pembersihan, petugas menggunakan rakit dari rangkaian drum plastik bekas. Sambil mengayuh rakit, para pekerja yang telah dilengkapi dengan pelampung oranye melakukan pemebersihan perlahan-lahan.

Proses pembersihan berjalan lancar. Tanpa kesulitan, para petugas berhasil membersihkan pinggiran Danau Siombak dari sampah. Selanjutnya, sampah yang sudah terkumpul akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun.

Baca Lainnya : Kurangi Sampah Plastik, Wapres JK Ajak Gunakan Botol Isi Ulang

Kadis DKP Kota Medan mengatakan jika sampah yang berserakan di sekitar pinggiran Danau Siombak berasal dari aktivitas buangan sampah liar dari sebagian masyarakat yang tinggal di bantaran Saungai Terjun dan Sungai Bederah.

“Ketika air pasang terjadi, sampah-sampah dari bantaran kedua sungai ini terbawa hingga Danau Siombak. Jadi, sampah-sampah ini bukan berasal dari TPA Terjun seperti yang dikeluhkan,” kata Husni, Sabtu (9/2). [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: