Kasus Demam Berdarah Tinggi, Lavendel Banyak Dicari di Jawa Timur

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Feb 2019   21:00

Komentar
Kasus Demam Berdarah Tinggi, Lavendel Banyak Dicari di Jawa Timur

Bunga lavender. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Biasanya, jentik-jentik nyamuk akan muncul di musim hujan. Itu karena, ada banyak genangan air yang muncul. Dan, genangan air merupakan tempat berkembang biak nyamuk, termasuk Aedes aegypti.

Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Aedes aegypti yang sudah terinfeksi virus dengue dapat menularkannya ke manusia melalui gigitan. Jika terlambat ditangani, satu gigitan tersebut bisa berujung pada kematian. Aedes aegypti yang membawa virus dengue adalah nyamuk betina.

Baca Lainnya : Waspada, Nyamuk Aedes Aegypti Gigit Anak-anak Setiap Hari Senin

Dan, pada musim hujan seperti sekarang, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat signifikan. Salah satu tanaman yang dipercaya bisa mengusuir nyamuk Aedes aegypti adalah bunga lavendel. Tidak heran jika sekarang, lavendel menjadi tanaman yang paling dicari oleh masyarakat di Surabaya, Jawa Timur.

Ada banyak warna yang dimiliki bunga lavendel, misalnya ungu, putih dan pink. Tentu, dengan aroma yang harum semerbak. Tapi, aroma tersebut dibenci oleh nyamuk yang akan menghindari bunga lavendel. Ya, lavendel mengandung dua zat yang tidak disukai nyamuk, yakni linalool dan lynalyl asetat.

"Belakangan ini banyak yang cari bunga lavendel. Satu orang bisa beli 10 sampai 50 tanaman," kata Supatmi, penjual tanaman di Kota Madiun, Sabtu (9/2).

Baca Lainnya : Cegah DBD, 4 Tips Berikut Bisa Usir Nyamuk Berbahaya dari Rumah Anda

Ia mematok harga Rp7.500 sampai Rp10.000 untuk satu pohon lavendel, tergantung ukuran tanaman. Supatmi mengaku mendatangkan bunga lavendel dari Kota Malang.

"Bukan hanya ibu-ibu yang beli, tapi juga murid sekolahan dan orang kantor," jelasnya.

Biasanya, bunga lavendel ditanam di pot dan diletakkan di dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

"Yang saya tahu, sejak dulu lavendel dipercaya sebagai pengusir nyamuk," pungkasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: