Kolam Tampung Air Jadi Solusi Atasi Banjir di Kota Pahlawan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Feb 2019   22:00

Komentar
Kolam Tampung Air Jadi Solusi Atasi Banjir di Kota Pahlawan

Banjir di Kota Surabaya, Jawa Timur. (Foto : Istimewa)

Saat musim hujan, Surabaya kerap menjadi kota langganan banjir. Untuk mengatasi masalah tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya mengatakan jika pembangunan kolam tampung air merupakan solusi tepat untuk mengatasi banjir, khususnya di wilayah Sambikerep dan Lakarsantri, Surabaya bagian barat. Sekarang, ada dua kolam tampung air yang dibangun di kawasan Citraland dan Pakuwon.

"Pemkot Surabaya telah memberikan izin pembuatan kolam tampung air yang wajib dibangun oleh pihak pengembang di perumahan elite sejak 2013," ujar Edi Cahyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Sabtu (9/2).

Baca Lainnya : Ratusan Ribu Sapi Dikhawatirkan Mati karena Banjir di Australia

Menurut Edi, penyebab banjir karena kurangnya resapan air akibat pembangunan perumahan di Pakuwon dan Citraland yang belum merampungkan kolam tampung air.

"Apalagi, curah hujan melebihi biasanya, sehingga terjadi banjir," tambahnya.

Dua kolam itu dinilai bisa menampung debit air hujan di wilayah Surabaya barat yang nantinya terkoneksi dengan penampungan air yang lebih besar atau Waduk Slamet.

Baca Lainnya : Waspada, Leptospirosis Berpotensi Merebak saat Genangan Banjir

"Saya lupa ukurannya, tapi kolam tampung itu untuk menampung air sementara sampai dengan ketika hujan agak reda, bisa dialirkan ke Waduk Slamet," tuturnya.

Ia menambahkan jika pembanguan dua kolam tampung telah dihitung oleh para ahli dan pengamat. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: