PVMBG Petakan Lokasi Rawan Bencana di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Feb 2019   18:00

Komentar
PVMBG Petakan Lokasi Rawan Bencana di Indonesia

Gempa di Palu. (Foto : Trubusid/Thomas Aquinus)

Berada di wilayah cincin api atau ring of fire, tidak heran jika Indonesia kerap dilanda bencana alam. Sepanjang tahun 2018 hingga awal 2019, sejumlah bencana besar terjadi dalam waktu berdekatan.

Untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur akibat bencana, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan pemetaan kawasan rawan bencana geologi di Indonesia, termasuk di antaranya wilayah yang rawan gempa bumi dan gunung berapi.

Baca Lainnya : Peristiwa Gempa Bumi 2018 di Indonesia Naik Dua Kali Lipat Dibanding Tahun Sebelumnya

"Ada pergeseran daerah rawan bencana. Pada tahun 1990an hingga 2004, gempa bumi banyak melanda kawasan timur. Namun, sejak 2004 sampai sekarang, banyak terjadi di barat," kata Hendra Gunawan, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Sabtu (9/2).

Berdasarkan hasil kajian badan geologi, untuk wilayah Palu di Sulawesi Tengah, tercacat sebagai kawasan rawan gempa dan berpotensi tsunami hingga likuefaksi. Selain itu, badan geologi juga memonitor 70 dari 127 gunung aktif berpotensi erupsi dari barat hingga timur Indonesia.

Baca Lainnya : 62 Persen Wilayah Indonesia Memasuki Musim Hujan, Inilah Kota Paling Rawan Bencana

"Kami melakukan ini sebagai bagian dari mitigasi bencana geologi seperti gempa bumi, gunung berapi dan tanah longsor. Beberapa daerah harus dihindari. Semua daerah yang rawan tsunami sudah dipetakan. Di pantai selatan Jawa dan barat Sumatra itu memang rawan," jelasnya.

Menurutnya, sebagian wilayah di Jawa Barat masuk kategori tinggi bencana tanah longsor, apalagi jika curah hujan cukup tinggi. Selain itu, banyak warga yang mendiami area lereng bukit dan pegunungan. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: