Sabtu Pagi, Gempa Tektonik Guncang Manokwari dan Kaimana di Papua

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Feb 2019   11:00

Komentar
Sabtu Pagi, Gempa Tektonik Guncang Manokwari dan Kaimana di Papua

Ilustrasi gempa bumi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa tektonik di Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (9/2).

Berdasarkan data Stasiun Geofisika BMKG Sorong, gempa bumi dengan magnitudo 4,1 itu terjadi pada 04.30 WIT di kedalaman sembilan kilometer. Lokasi gempa pada koordinat 3.64 Lintang Selatan (LS) dan 134.6 Bujur Timur (BT), berjarak 92 kilometer Timur Laut Kabupaten Kaimana.

Selang beberapa jam, gempa bumi terjadi di Kabupaten Manokwari pada pukul 07.28 WIT. Berkekuatan 3,9 magnitudo di kedalaman 22 kilometer. Lokasi gempa pada koordinat 1.01 Lintang Selatan dan 134.49 Bujur Timur, dengan jarak 49 kilometer di laut tenggara Kabupaten Manokwari.

Baca Lainnya : Gempa Terjadi dalam Waktu Berdekatan, BMKG Tingkatkan Pengawasan Gempa

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi terjadi akibat tumbukan lempeng. Ditegaskan BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu tsunami.

Masyarakat diminta untuk terus memperbarui informasi seputar gempa melalui situs resmi BMKG. Dan, jangan mudah terpancing infrormasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: