Panik Guncangan Gempa, 800 Warga Morotai Memilih Mengungsi

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
08 Feb 2019   10:00

Komentar
Panik Guncangan Gempa, 800 Warga Morotai Memilih Mengungsi

Pengungsi gempa Morotai (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sekitar 800 warga Kabupaten Morotai memilih mengungsi akibat gempa Magnitudo 5,3 SR yang mengguncang sekitar kawasan tersebut pukul 17.03 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,27 LU dan 128,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 kilometer arah Timur Laut Kota Daruba, Maluku Utara. 

Kepala Pusat Data dan Informasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB), Sutopo Purwo Nurgroho mengatakan di Morotai Timur kurang lebih terdapat 500 Jiwa mengungsi, sedangkan Kecamatan Morotai Utara terdapat pengungsi sebanyak 300 jiwa. 

Pengungsi gempa Morotai (Foto: istimewa)

Baca Lainnya : Pelayanan Satu Pintu Bantuan Gempa di Lombok Barat

"Masyarakat panik dan keluar dari rumah masing-masing. Gempa tidak berpotensi tsunami. Di Desa Bere Bere Kecamtan Morotai Utara terdapat laporan bahwa ada beberapa rumah rusak, listrik padam dan masyarakat mencari tempat aman," jelas Sutopo seperti dalam keterangan tertulis, Kamis (7/2)  pukul 23.00 WIB.

Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pulau Morotai masih melakukan pendataan dampak gempa di Kecamtan Morotai Timur dan Kecamatan Morotai Utara. TRC BPBD Kabupaten Pulau Morotai saat ini sedang memberikan arahan kepada masyarakat di Kecamtan Morotai Timur untuk tetap tenang dan tidak mempercayai info dari pihak yang tidak bertanggung jawab. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: