Guguran Lava Pijar Gunung Karangetan Sudah Mencapai Lautan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Feb 2019   21:00

Komentar
Guguran Lava Pijar Gunung Karangetan Sudah Mencapai Lautan

Guguran lava pijar Gunung Karangetan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pos Pengamatan Gunung (PPG) berapi Karangetan yang berada di Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara mencatat, guguran lava pijar Gunung Karangetan sudah mengalir hingga ke laut, Kamis (7/2).

Petugas Petugas PPG Karangetang, Didi Wahyudi mengatakan, berdasarkan pantauan secara visual, aliran lava sudah mendekati jalan raya sekitar 2.500 meter dari kawah, dan kini sudah mencapai 3.500 meter sampai ke laut.

Baca Lainnya : Siaga, Gunung Karangetang Semburkan Lava Pijar Bergemuruh

“Sampai saat ini aktivitas lava dan gugurannya masih terus terjadi yang terbaca melalui seismograf di PPG,” ujarnya di Siau, Sulawesi Utara, Kamis (7/2).

Pihaknya juga mengatakan bahwa sampai saat ini status Gunung Karangetan masih berada di level 3 (siaga). Diakuinya sampai saat ini petugas PPG masih terus memantau kondisi Gunung Karangetan.

Sebagaimana diketahui, Gunung Api Karangetang di Kabupaten Sitaro, mengalami erupsi sejak Sabtu 2 Februari 2019 pagi dan menyebabkan lima desa terdampak, di mana satu desa yakni Batubulan menjadi sasaran aliran lava dan empat lainnya yakni Kawahang, Kiawang, Niambangeng dan Hiung.

Baca Lainnya : Erupsi Gunung Karangetan Kembali Mengganas, Ratusan Warga Mengungsi

Terkait wilayah yang terdampak abu vulkanik, dikatakan Didi, semua tergantung pada arah angin, saat ini yang bertiup adalah angin utara, maka abu akan tertiup ke Kiawang, Niambangeng dan Beba di Siau Barat.

"Sampai pagi tadi, hanya ada semburan asap putih tebal dari kawah utama dengan ketinggian sekitar 150 meter, dan dua kali yakni Malebuhe dan Batuare masih tertimbun lava," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau warga untuk tidak mendekati area tersebut. Sebab sangat berbahaya maka harus menjauh sampai situasi benar-benar dinyatakan aman oleh PPG. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: