Empat Solusi Permanen Kementan Agar Produksi Jagung Nasional Terpenuhi

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
07 Feb 2019   17:30

Komentar
Empat Solusi Permanen Kementan Agar Produksi Jagung Nasional Terpenuhi

Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, saat melakukan panen raya jagung di Lamongan, Rabu (6/2). (Foto : Dok. Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla terus meningkatkan produksi jagung nasional agar kebutuhan dalam negeri, khususnya untuk peternak unggas, tidak lagi mencukupinya dari impor.

“Solusi permanen bagi kemitraan petani jagung dan peternak unggak merupakan kunci dalam mewujudkan swasembada jagung nasional dan peningkatan volume ekspor tersebut. Sekaligus, memenuhi kebutuhan pakan ternak,” kata Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, saat melakukan panen raya jagung di Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Lamongan, Rabu (6/2).

Baca Lainnya : Kalimantan Selatan Panen Jagung, Petani Puas Harga Bagus

Menurutnya, solusi permanen sangat penting dalam memotong rantai pasok yang selama ini masih panjang. Berdampak pada kelangkaan stok dan melonjaknya harga jagung yang tidak wajar. Oleh karena itu, mengatur lokasi antar wilayah produsen jagung dengan peternak menjadi sangat penting, di mana rantai distribusi jagung menjadi lebih efisien.

“Di Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Blitar, distribusi jagung dari produsen ke konsumen sangat efisien. Sehingga, tidak ada lagi alasan stok jagung untuk pakan petenak unggas mandiri itu langka. Harga jagung di tingkat petani tidak jatuh ketika panen,” bebernya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: