Pemuda Sumur Bangkit, Penghijauan di Lokasi Tsunami Selat Sunda Dimulai

TrubusNews
Yandi | Followers 2
07 Feb 2019   20:30

Komentar
Pemuda Sumur Bangkit, Penghijauan di Lokasi Tsunami Selat Sunda Dimulai

Salah satu pulau di Kecamatan Sumur Ujung Kulon, Banten, porak poranda akibat diterjang tsunami, 22 Desember silam. (Foto : Trubus.id/ Yandi)

Trubus.id -- Tsunami selat Sunda beberapa waktu silam memporak porandakan beberapa wilayah di Banten hingga Lampung. Di Provinsi Banten sendiri, Kecamatan Sumur Ujung Kulon merupakan salah satu wilayah yang terdampak cukup parah bencana alam yang disebabkan oleh aktivitas Gunung Anak Krakatau tersebut.

Kini setelah bencana berlalu, warga Kecamatan Sumur pun mulai berusaha menata kembali lingkungan mereka. Para pemuda Kecamatan Sumur pun memiliki cara sendiri untuk membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar yang sempat mati suri akibat bencana tersebut.

Baca Lainnya : Tanggap Darurat Bencana Berakhir, TN Ujung Kulon Kembali Dibuka untuk Pariwisata

Dengan mengusung slogan 'Pemuda Sumur Bangkit', para pemuda Desa Sumur bersama group band reggae Roompoet Hijau, Rumah Madu, Pandeglang Hunting Photography (PHP), Ujung Kulon Adventure, pegiat media sosial (medsos) dan awak media, dalam agenda sosial Destination for Care melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian di wilayah tersebut. 

"Program upaya pemulihan perekonomian di wilayah Kecamatan Sumur pasca tsunami, terutama untuk kalangan pemuda dan nelayan," kata Qidoy, gitaris Roompoet Hijau, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Kamis (07/02).

Berbagai agenda akan dilakukan mulai tanggal 15-17 Februari 2019. Kegiatan tersebut di antaranya adalah penanaman pohon sampai perjalanan ke pulau yang biasa menjadi lokasi wisata dan hancur tersapu tsunami Selat Sunda.

Ratusan pohon butun, kelapa dan ketapang ditanam di sekitar pesisir dan pulau terdampak tsunami, seperti Pulau Oar, Badul, Mangir, Handeuleum, dan Pulau Peucang.

Baca Lainnya : Sempat Terisolir, Akses Warga Ujung Kulon Baru Terbuka Pagi Tadi 

"Upaya ini juga membutuhkan support dari seluruh pihak, agar warga Sumur kembali menjalani kehidupan secara normal," terangnya lagi.

Para pemuda dan seluruh pegiat Destination for Care, secara urunan mencari dana untuk mengadakan acara tersebut. Mereka pun membuka bantuan donatur untuk agenda sosial itu. Balai TNUK pun telah membuka destinasi wisata TN Ujung Kulon agar para pegiat wisata dan perajin lokal, bisa kehidupan masyarakat setempat kembali normal.

"Harapan kami, pemuda Sumur kembali berani melaut dan membuka lagi trip destinasi wisata pulau-pulau tersebut, atau sekurangnya menjadi pemandu wisata. Jika ini berjalan, sudah tentu perekonomian mereka kembali pulih," jelasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: