Cek Gejala DBD, Dinkes Sragen Gunakan Aplikasi

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
07 Feb 2019   14:00

Komentar
Cek Gejala DBD, Dinkes Sragen Gunakan Aplikasi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen saat ini menggunakan teknologi aplikasi khusus untuk mengecek laporan demam berdarah dengue (DBD). Nama aplikasinya yaitu Diferensial Diagnosa (DD) elektronik.

"Sudah lebih kurang satu minggu kami diisntruksikan dari provinsi untuk menggunakan aplikasi ini. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, data-data dimasukkan. Bukan hanya trombosit saja," jelas Kepala Dinkes Sragen Hargiyanto, Kamis (7/2).

Menurutnya, dengan beberapa komponen yang dimasukkan, maka kita bisa mengetahui secara pasti apakah warga yang dilaporkan menderita DBD benar terjangkit atau hanya sebatas gejala penyakit yang mirip demam berdarah.

"Selama ini mungkin hanya sebatas laporan mengenai penurunan trombosit dan langsung masuk DBD. Padahal ada beberapa komponen lain. Seperti hemo konsentrasi dan lainnya," katanya.

Baca Lainnya : Korban DBD di Kupang Capai 305 Kasus

Dampak dari aplikasi ini ternyata banyak warga yang sebelumnya dilaporkan menderita DBD diketahui negatif.

"Kalau soal berapa banyaknya, kami belum bisa menyebutkan. Tapi jumlahnya cukup kecil sekali," ujar Hargiyanto.

Seperti diketahui, kasus DBD di Sragen sudah lebih dari 785 kasus. Jumlah tersebut terjadi hampir merata di 20 kecamatan di Sragen. Untuk itu, Dinkes Sragen terus mengimbau kepada seluruh warga agar berperan aktif dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait