Musim Hujan Picu Kenaikan Harga Komoditas Pangan di Jawa Tengah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Feb 2019   13:30

Komentar
Musim Hujan Picu Kenaikan Harga Komoditas Pangan di Jawa Tengah

Pedagang cabai merah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan memicu kenaikan harga komoditas pangan di sejumlah pasar tradisional di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Sejumlah harga pangan di pasar mengalami kenaikan karena faktor cuaca, terlebih curah hujan masih tinggi,” terang salah seorang pedagang, Yuni, di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis (7/2).

Yuni mengatakan, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan di antaranya bawang merah dari Rp24.500 per kilogram (kg) naik menjadi Rp26.500 per kg dan bawang putih dari Rp27.500 per kg kini menjadi Rp30.000 per kg.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang lain Supri mengatakan, yang kenaikan harga juga terjadi cabai merah besar dari Rp21.500 per kg menjadi Rp25.000 per kg.

Baca Lainnya : Kementan Keluarkan Solusi Terkait Anjloknya Harga Cabai

"Selain itu, cabai merah keriting yang sempat turun menjadi Rp17.500 per kilogram, kembali naik menjadi Rp20.000 per kilogram. Harga cabai rawit merah yang sempat turun hingga Rp25.500 per kilogram, sekarang sebesar Rp30.000 per kilogram," kata Supri.

Diakuinya, harga cabai rawit hijau yang sempat turun hingga Rp22.500 per kilogram, kini dibanderol sekitar Rp30.000 per kilogram.

Menurutnya, kenaikan harga cabai disebabkan karena curah hujan masih tinggi beberapa hari terakhir, sehingga banyak tanaman cabai yang rusak bahkan puso (busuk).

Baca Lainnya : Petani Demak: Disdag dan Bulog agar Serap Cabai

Merespon hal tersebut, Kepala Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Sugito mengatakan curah hujan yang tinggi berdampak pada tanaman sayuran.

"Kebetulan hingga saat ini, petani di Desa Serang yang merupakan sentra penghasil sayuran belum ada yang menanam cabai karena curah hujannya cukup tinggi sehingga berisiko. Petani di Desa Serang saat sekarang lebih banyak yang menanam sayuran umum seperti kol, wortel, dan tomat," ungkap Sugito.

Dirinya mengaku sempat memprediksi anjloknya harga cabai di sejumlah daerah beberapa waktu tidak akan berlangsung lama dan bakal kembali melonjak seperti sekarang karena curah hujan kembali meningkat. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: