Tidak Ada Badan Penanggulangan Bencana di Asmat

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
06 Feb 2019   22:00

Komentar
Tidak Ada Badan Penanggulangan Bencana di Asmat

Bupati Asmat, Elisa Kambu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, mengklaim hingga kini belum membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat karena memiliki konsekuensi pada efisiensi anggaran.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, dengan belum dibentuknya BPBD maka dalam menangani kejadian bencana pihaknya berupaya untuk mendekatkan pada fungsi yang ada misalnya Dinas Sosial.

"Jika BPBD ini dibentuk maka konsekuensinya akan menjadi beban daerah di mana jika strukturnya banyak maka bebannya juga banyak," kata Kambu di Jayapura, Rabu (6/2).

Baca Lainnya : BPBD Sebut Bendungan Logung Signifikan Kurangi Banjir

Menurut Elisa, untuk itu pihaknya mengoptimalkan pada fungsi yang ada, contohnya jika bisa didekatkan pada Dinas Sosial maka akan didekatkan, atau bisa berupa bantuan sosial.

"Jadi, kami lebih ke arah bantuan sosial sementara, mengingat misalnya Rp200 juta diperuntukan untuk melengkapi struktur, akan lebih optimal jika langsung diberikan pada masyarakat sebagai korban," ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun hingga kini belum ada rencana pembentukan BPBD, namun jika diwajibkan maka akan disesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah.

Baca Lainnya : Gunung Agung terus Erupsi, BPBD Bali Minta Warga Tetap Tenang

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merasa prihatin dengan banyaknya bencana yang melanda Tanah Air, kemudian memberikan solusi terkait dengan skema pendanaan bencana tersebut.

"Porsi APBD yang telah disusun di dalamnya tentu ada alokasi anggaran tak terduga, di sanalah seharusnya daerah mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana yang cukup sesuai dengan kondisi daerah dan tingkat potensi kerawanan bencana," katanya seperti dikutip Antara. [NN] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait